Kerajinan Pyrography Di Ngawi

0 291

Kerajinan Pyrography Di Ngawi

Banyak cara dilakukan seniman untuk menuangkan ide dari hasil karya seninya. Salah satunya dilakukan Wahyu Kristianto, warga dusun Krajan Kulon, Desa Kecamatan Sine, kabupaten Ngawi.

Bapak 1 anak ini punya cara unik dalam melukis. Yakni menggunakan alat solder listrik yang dipanaskan. Untuk medianya, wahyu menggunakan papan kayu bekas, yakni jati, mahoni, dan nangka.

Ujung solder yang panas tadi akan menggores lukisan di permukaan kayu, sehingga menjadi membekas hitam atau hangus. Yang pasti, lukisan bakar solder tersebut akan menghasilkan karya seni unik dan klasik.

Tepatnya sekitar ½ tahun lalu, bapak satu anak ini menekuni profesi sebagai pelukis solder dan Wahyu sering menerima pesanan dari para pelanggannya. Kebanyakan para pelanggannya memesan lukisan foto pribadi ataupun keluarga.

Rety, pemesan lukisan bakar, “Ya lagi pesan lukisan, baru saja di ambil. Ini lukisan wajah saya. Pilih kayu karena lebih awet, lebih klasik, serat-seratnya kalau udah dibakar ini kan malah jadi kelihatan. Menambah keunikannya sendiri. Lebih hidup gambarnya dan pasti awet banget.”

Menurut Wahyu, ia memilih bahan kayu jati, mahoni atau nangka, sebab ke 3 kayu tersebut memiliki serat bagus. Jika gores dengan besi panas atau solder, maka akan menghasilkan goresan yang bagus pula.

Wahyu Kristanto, pelukis bakar, “Awalnya saya iseng-iseng browsing, di internet itu ternyata ada lukisan yang seperti ini. Terus saya berfikir untuk menerapkan disini, karena disini belum ada dan alhamdulillah banyak peminatnya. Biasanya teman-teman itu menyebutnya lukisan bakar, karena proses pembuatannya menggunakan solder yang panas itu.”

Selain melukis wajah, wahyu juga melukis hewan, pemandangan, dan bahkan sering menerima pesanan lukisan untuk wedding. Untuk 1 lukisan, Wahyu mematok harga antara 100 ribu hingga  juta rupiah. Untuk 1 lukisan Wahyu bisa merampungkan dalam waktu cepat, 2 jam saja. Sementara para pemesannya sudah ada yang berasal dari luar kota, sebab Wahyu sudah menjualnya melalui media sosial.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/02/wahyu-kristanto-pelukis-pyrography-asal.html
Comments
Loading...