Kerajinan Rajut Rami Di Desa Cimacan

0 121

Kerajinan Rajut Rami Di Desa Cimacan

Bagi sebagian besar masyarakat, rajutan hanya sebuah karya kerajinan tangan. Namun tidak bagi pengusaha asal Cianjur, Heri. Melalui tangan kreatifnya, sehelai benang rami bisa berubah menjadi sebuah karya yang memiliki nilai ekonomis. Melalui sentuhan, ketekunan dan kesungguhan hatinya, sehelai kain rajut bisa menjadi produk berkualitas.

Keindahan tampak pada rajutan yang terpajang di gerai “Tas Rajutan Akmal” yang berlokasi di Kampung Kubang, RT 03/09, Desa Cimacan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Rajutan yang diproduksi antara lain tas rajutan besar dan kecil, tempat handphone serta dompet. Harganya bekisar Rp3.500 hingga Rp30.000.

Berawal dari hobi, Heri mendirikan usaha rajutan bernama “Tas Rajutan Akmal” sejak 2007. Seluruh produk rajutannya dibuat dengan keterampilan tangan, ramah lingkungan, dan alami sehingga tidak memicu potensi alergi.

Dulu hanya dikerjakan seorang diri, namun setelah permintaannya banyak, kini usahanya yang merupakan program UMKM binaan bjb ini memiliki 200 orang karyawan. Dalam sehari 200 rajutan bisa diselesaikan dan siap dipasarkan.

 

 

Heri berkata, semua produk rajutannya ini hasil dari tangan-tangan terampil ibu-ibu rumah tangga yang berdomisili dekat dengan tempat usahanya. “Karyawan memang 200 orang, tapi semuanya ibu-ibu rumah tangga yang sudah terampil dalam merajut dan dikerjakan di rumahnya masing-masing. Sedangkan untuk di rumah produksi sendiri ada 8 orang untuk menjahitnya,” ungkapnya.

Soal pemasaran, Heri mengklaim produknya tak hanya dipasarkan di lingkup lokal Cianjur dan ke daerah lainnya se-Jawa Barat saja, namun kini sudah sampai ke lingkup Asia. Hal tersebut tak terlepas dari kualitas rajutannya. Tak heran jika ia pernah mendapatkan penghargaan dari Bank bjb untuk kategori produk terkreatif serta penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Kreativitasnya tak berhenti sampai di sana, kini ia tengah mengupayakan kerajinan tangan merajut ini bisa menjadi bagian dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.

“Harapanya usaha ini semakin maju dan semakin berkembang di dalam negeri ataupun internasional. Didukung juga dengan modal agar tetap berjalan. Rencana ke depannya saya lagi mau membina anak SD,” pungkasnya

Source http://www.sepertiini.com http://www.sepertiini.com/read/2014/10/3652/2007-merajut-asa-rajutan-akmal-terbang-ke-asia.html
Comments
Loading...