Kerajinan Rebana Di Brebes

0 226

Kerajinan Rebana Di Brebes

Rebana adalah alat musik tradisional yang banyak dipakai untuk musik irama padang pasir. Pada musik gambus, kasidah dan hadroh adalah jenis kesenian yang sering menggunakan rebana. Di Desa Kaliwadas, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ribuan rebana dihasilkan dan dijual ke pasar domestik dan internasional. Ribuan Rebana Di Desa Kaliwadas dihasilkan ribuan rebana yang dijual ke berbagai daerah, termasuk ke luar negeri. Hampir seluruh warganya membuat rebana. Jumlahnya mencapai 400an rumah usaha yang mempekerjakan empat hingga lima karyawan.

Masruri salah satu pengusaha kecil pembuat rebana. Desa ini terletak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Di sini, berjajar rumah penduduk yang memajang rebana di depan rumah. Sakim, kepala Dusun Kaliwadas mengatakan, dari tahun ke tahun, produksi rebana di Kailwadas terus meningkat.

Bahan baku bingkai terbagus terbuat dari kayu sawo, kayu sana keling dan kayu laban. Namun yang paling banyak dipakai saat ini adalah kayu mangga dan suyudan karena gampang didapat. Tidak sembarang orang Meski tak rumit, tak sembarang orang bisa membuat bingkai rebana. Kalau sudah ahli, dalam sehari seorang pekerja bisa menghasilkan 80 bingkai rebana.

Rebana buatan Kaliwadas pun sudah tenar sampai ke negeri tetangga. Malaysia dan Brunei Darussalam tercatat sebagai pembeli rebana. Jumlahnya memang belum banyak, mengingat tingkat persaingan kualitas sangat ketat.Pengusaha rebana, Nurohman, bercerita, rebana yang berhasil menembus pasar luar negeri hanya sekitar 5% dari total produksi.

Harga rebana bermacam-macam. Ada yang per set, per biji juga ada. Ada yang per kodi juga ada. Kalau luar Jawa rata-rata itu perkodi, ada nada yang XL, XL itu 35 senti ukurannya. Kemudian L 31 senti, M 27 senti terus S 22, terus yang paling kecil namanya B4, itu namanya rebana TK. Itu paling 17-18cm. Tapi itu dari ukuran terkecil-terbesar. Toko jualannya per set. 1 set rebana isi 6 – isi 8 itu jadi untuk bass paling besar ukuran XL kadang 2 biji, ke toko-toko kodian. Tiap daerah memiliki ciri khas. Seperti Purwokerto memiliki empat biji, kadang lima biji, seperti Palembang itu 1 grup sampai 12. Per set paling kecil sekitar 75 ribu yang isi enam tapi ada yang isi enam sampai 200 juga ada.

Source Kerajinan Rebana Di Brebes Kerajinan Rebana Di Brebes
Comments
Loading...