Kerajinan Rebana Kaliwot Di Gresik

0 160

Kerajinan Rebana Kaliwot Di Gresik

Dusun Kaliwot, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik dikenal sebagai salah satu sentra perajin rebana sejak tahun 90-an. Kini seiring berjalannya waktu perajin rebana Kaliwot kian berkembang. Jika dulu produksinya hanya terbatas dipasarkan di wilayah Gresik dan Surabaya, tapi sekarang produksinya telah menembus luar Jawa.

Dedi Purwanto perajin rebana asal Kaliwot menjelaskan bahwa pada tahun 90-an produksi rebana masyarakat masih sulit di pasarkan secara luas. “Dulu penjualan rebana dengan cara membuka lapak dipinggir jalan. Terutama saat acara Haul Bungah,” kenang Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengungkapkan bahwa semakin berkembangnya bisnis yang digelutinya dikarenakan saat ini kesenian Al-Banjari semakin populer di masyarakat. “Sekarang banyak sekali sekolahan yang membuka ekstra kurikuler Al-Banjari. Selain itu banyak remaja masjid juga membentuk grup-grup Al-Banjari,” ucap Dedi.

Banyaknya perlombaan Al-Banjari juga menjadi salah satu pemantik meningkatnya bisnis jenis alat musik perkusi itu. Bahkan kini rebana produksi Dedi sudah dikenal di luar Jawa, yakni Kalimantan. “Jika dulu pembeli asal luar Jawa membeli dari distributor kami di Surabaya. Tapi karena perkembangan teknologi, informasi dan transportasi kini mereka banyak yang datang langsung ke workshop” papar Dedi.

Bahkan pemesan rebana produksi Dedi saat ini tak hanya terbatas dari warga muslim. “Setahun terakhir saya juga mendapat pesanan dari gereja-gereja yang berasal dari Kalimantan. Katanya sih untuk kelompok paduan suara,” ungkapnya.

Adapun jenis rebana yang diproduksi oleh Dedi terdiri dari rebana Al-Banjari, rebana Ishari, rebana Al-Banjari Al-Habsyi dan rebana Samroh. Sementara sebagai bahan kayu yang digunakan Dedi menanfaatkan kayu mahoni, nangka, mangga dan mimba.

Dedi merupakan putra ketiga almarhum H. Nuhan, salah satu perintis kerajinan rebana di Kaliwot. “Saya empat bersaudara, dan saat ini saya yang melanjutkan usaha almarhum bapak. Selain bapak, perintis perajin rebana Kaliwot adalah H. Mahfud dan H. Marsono,” ungkapnya.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/05/12/rebana-kaliwot-juga-diminati-paduan-suara-gereja/
Comments
Loading...