Kerajinan Replika Bus Mainan Di Solo

0 345

Kerajinan Replika Bus Mainan Di Solo

Bagas, salah satu anggota komunitas pembuat miniatur bus di Kota Solo Jawa Tengah menyatakan hobinya membuat miniature bus tak menyangka kalau sekarang menjadi pekerjaan yang ditekuni itu mampu menghidupi keluarganya. Miniatur bus yang dibuatnya itu mendatangkan omset jutaan rupiah per bulan bagi pria lulusan SMP itu.

“Awalnya hobi para pecinta bus tapi hobi ini justru mendatangkan rupiah. Membuat miniatur bus ini juga bisa dikerjakan siapa saja tidak harus berpendidikan tinggi,” ujar Bagas.

Komunitas ini pun semakin dikenal dengan banyaknya pesanan dari berbagai daerah seperti Jogja, Solo, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang dan kota besar lainnya. Lima anggota ini bisa menyelesaikan tiga miniatur bus dalam sebulan. Sulitnya interior yang harus mirip dengan aslinya membuat mereka memberi perhatian pada desain ini. Bagas pun berharap ide kreatifnya ini menginspirasi kaum muda lainnya.

Bagas kini aktif sebuah bengkel sekumpulan anak muda yang berjumlah 5 orang tersebut berkumpul membuat miniatur bus. Tentunya tak mudah membuat miniatur bus ini, dibutuhkan banyak referensi untuk mewujudkan ide unik ini.

Hobi membuat miniatur bus itu dilakukan secara bersama mereka membuat miniatur bus dengan bagian dasar triplek. Menariknya miniatur ini dilengkapi dengan aksesoris layaknya bus sesungguhnya, yakni lampu, klakson, tape (fasilitas full musik) dan mesin.

Miniatur bus ini dibuat dengan bahan sederhana seperti triplek, pastik mika, dempul lem, cat, gergaji, lampu led. Cara membuatnya pun mudah, pola bus dibentuk sesuai keinginan. Setelah bagian badan bus terbentuk kemudian direkatkan dengan lem. Selanjutnya tahap dempul, tahap ini memerlukan waktu cukup lama karena membentuk detail bus.

Sementara lainnya menyelesaikan bagian interior, seperti kursi, kelengkapan bus termasuk mesin dan fasilitas musik. Setelah semua siap, kemudian kerangka dirangkai dan dilakukan proses akhir yaitu pengecetan dan menempel stiker.

“Untuk satu unit miniatur bus dipatok harga dari yang sederhana yaitu Rp1 juta hingga Rp2,5 juta tergantung pesanan dan kerumitan,” tegas Bagas.

Source http://beritatrans.com http://beritatrans.com/2016/04/11/hobi-membuat-miniatur-bus-beromset-jutaan-rupiah/
Comments
Loading...