Kerajinan Replika Dari Paralon Di Banjar

0 330

Kerajinan Replika Dari Paralon Di Banjar

Miniatur kapal dan kereta api yang dijual Toto Rizaldi  merupakan miniatur yang harganya murah karena memakai bahan baku dari limbah. Selisih harga jika dibandingkan pengrajin lain bisa mencapai Rp 200 ribu smapai Rp 1 juta.

Di tokonya yang beralamat di Jalan Prof Ir Sutami, Procit, Kampung Ciaren, RT 29 RW 13 Kelurahan Karangpanimbal, Kota Banjar, Jawa Barat, Toto menceritakan mengapa harga miniaturnya bisa murah.

“Untuk bahan baku, saya memang menggunakan limbah yang berasal dari sekitaran rumah saya, ataupun limbah dari pabrik pemotongan kayu,” ujar Toto Rizaldi.

Toto Rizaldi menambahkan, ia memakai bahan baku dari limbah karena kekurangan modal jika harus membeli bahan baku yang baru. Jadi, untuk pembuatan satu miniatur kapal atau kereta api, Toto Rizaldi hanya mengeluarkan modal untuk lem, cat, dan kain sebagai layar miniatur kapal saja.

Proses pembuatannya pun hanya menggunakan mesin sederhana yang terletak di depan rumahnya dan disimpan di bawah kios yang menggunakan terpal saja. “Saya tidak seperti pengrajin lain, mesin-mesin yang saya gunakan cukup sederhana, karena belum memiliki modal untuk membeli mesin yang bagus,” tambah Toto Rizaldi.

Toto Rizaldi pun mengatakan, jika awalnya ia tidak sengaja bisa menjadi pengrajin miniatur kapal dan kereta api. Awalnya, sekitar tahun 2012 saat ayahnya sedang memperbaiki toilet rumah, ia menemukan pipa paralon yang tidak terpakai. Dari pipa paralon itu lah ia membuat miniatur kapal pertama.

“Setelah membuat miniatur kapal pertama, saya senang karena banyak teman yang memuji dan memberi semangat,” tandas Toto Rizaldi. Lama kelamaan, Toto Rizaldi mulai serius menekuni menjadi pengrajin miniatur, dan meniru semirip mungkin kapal yang asli.

Source http://jabar.tribunnews.com http://jabar.tribunnews.com/2017/06/12/berawal-dari-paralon-bekas-pengrajin-kapal-dan-kereta-api-ini-meniti-sukses
Comments
Loading...