Kerajinan Replika Masjid Dari Bambu Di Majalengka

0 262

Kerajinan Replika Masjid Dari Bambu Di Majalengka

Setelah sukses mempersembahkan Bakul Raksasa pada acara Gubernur Saba Desa di Kecamatan Cingambul pada tahun 2011 dan Pawai pembangunan pada hari jadi Majalengka tahun 2012, kembali Kelompok Pengrajin Bambu Kreatif Desa Muktisari mempersembahkan hasil hasil kreatif dan inopatifnya pada hari jadi Majalengka yang ke 525 tahun 2015 berupa Replika Mesjid dari anyaman bambu.

Pembuatan replika Mesjid ini dibuat atas permintaan Camat Cingambul Drs. H.D. Wahyudin, MM.MPd dengan penanggung jawab penuhnya Kasi Pemberdayaan Kukun Kurnia, S Ip. Ide pembuatan replika mesjid ini muncul ketika kecamatan Cingambul harus mengirimkan mobil hias pada kegiatan Hari Jadi Majalenggka yang ke 525, kecamatan harus menampilkan hasil pembangunannya dan potensi yang ada di wilayahnya, hasil pembangunan yang paling membanggakan di kecamatan Cingambul adalah Mesjid. Satu satunya kecamatan di Kabupaten Majalengka yang memiliki Mesjid adalah Kecamatan Cingambul yang pembangunannya merupakan hasil swadaya masyarakat dan bantuan pihak ketiga. Sedangkan potensi unggulan di wilayah kecamatan Cingambul adalah selain produk makanan juga yang paling menonjol adalah Produk Kerajinan Anyaman Bambu, kedua hal tersebut mendorong Camat Cingambul untuk menampilkannya dalam bentuk replika mesjid yang terbuat dari anyaman bambu.

Replika Mesjid dari anyaman bambu ini dibuat cukup singkat hanya 2 hari 2 malam, ini tidak seperti pembuatan Bakul Raksasa sebelumnya yang memakan waktu berminggu minggu. Replika Mesjid dari anyaman bambu ini dikerjakan oleh Kelompok Pengrajin Bambu Kreatif yang beralamat di Dusun Ciloagirang Desa Muktisari Kecamatan Cingambul.

“Sebenarnya kami butuh waktu paling satu hari lagi untuk bisa lebih mempercantik produk kami itu, namun karena waktu yang cukup memdesak maka terpaksa begitu beres jam 02 malam, makal langsung oleh pak Kasi Pemberdayaan langsung dibawa meluncur ke Majalengka, namun demikian kami antusias produk kami kali ini tidak akan mengecewakan pemesan ataupun masyarakat yang melihatnya”. Demikian dikatakan Suparno selaku ketua Bambu Kreatif saat diminta tanggapannya pada hari jadi Majalengka tersebut.

Sesampainya di Majalengka kerumunan warga yang hadir berdecak kagum melihat hasil karya tersebut, sebuah bangunan mesjid berdiri megah diatas mobil yang terbuat dari anyaman bambu,

“Kami antusias bahwa Cingambul akan masuk tiga besar pada kejuaraan Lomba mobil hias ini, kami yakin itu!” Kata Camat Cingambul setelah melihat kenyataan dilapangan bahwa hasil karya anak Muktisari paling mendapat perhatian warga.

Selesai pawai pembangunan dan telah mendapat penilaiana dari juri replika mesjid tersebut langsung dibawa pulang lagi dan disimpan di aula kecamatan sebagai kenang kenangan dan dijadikan tontonan warga masyarakat Cingambul.

Seiring berjalannya waktu pengumuman pemenangpun dibacakan, dan ternyata hasil jerih payah para pengrajin pun mendapat juara 3. Prestasi yang cukup membanggakan dan menjadikan obat yang sangat mujarab untuk mengobati rasa lelah dan tegang selama mengerjakan produk tersebut.

Kelompok Pengrajin Bambu Kreatif yang bergelut dibidang anyaman bambu terus eksis dalam membuat produk produknya apalagi setelah beberapa bulan yang lalu mendapat pelatihan dari Dekranasda Jawa Barat sehingga hasilnya bisa menambah perbendaharaan produk yang ada, dan ini terbukti hasilnya dapat dipamerkan dibebrapa tempat seperti Pameran Pembangunan Tingkat Jawa Barat di Tasikmalaya pada awal Juni yang lalu, Pameran hasil kerajinan di Bandung, pameran hasil kerajinan di Pameran Pembangunan Majalengka, dan Pameran hasil kerajinan di Indramayu, setelah sebelumnya mengikuti pameran hasil Kerajinan di Batam.

Source http://kabar.desa.web.id http://kabar.desa.web.id/replika-mesjid-dari-anyaman-bambu-karya-penggrajin-muktisari/
Comments
Loading...