Kerajinan Replika Mobil Kayu di Boyolali

0 197

Kerajinan Replika Mobil Kayu di Boyolali

Menggunakan limbah kayu sebagai bahan utamanya, Eko Lukistyanto, memiliki usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan miniatur mobil dan motor bernama Tetap Jaya Art di Tempurejo Rt.01/03 Kemiri, Mojosongo, Boyolali. Meskipun bahan baku berasal dari limbah, namun kualitas sangat diperhatikan. Potongan kayu yang dipilih adalah kayu jati, agar hasil replika yang dibuat dapat bagus dan tetap awet..

Ada satu hal unik dari mahakarya Eko, tidak hanya membuat replika dengan bentuk miniatur, Tetap Jaya Art yang terletak di Boyolali ini juga membuat replika mobil dan motor sesuai dengan ukuran aslinya. Bahkan, pelanggannya pun kebanyakan dari kalangan mancanegara.

Bak mendapatkan hujan di tengah tanah yang gersang, respon positif datang membanjiri buah karya Eko dan ayahnya. Tak tanggung-tangung, orderan sebanyak puluhan unit pun langsung diterima dari makelar asal Italia. Bapak dan anak ini kemudian segera menyelesaikan pesanan. Detail dan kualitas pun menjadi perhatian utama agar tidak mengecewakan pembeli.

Tidak sedikit konsumen yang merasa puas dengan hasil kerja yang begitu apik dan rapi. Karenanya, pesanan pun terus berdatangan dari negara lain. Tetap Jaya Art hingga kini telah mempunyai pelanggan dari berbagai penjuru dunia, yakni Amerika, Inggris, Jerman, Spanyol, Itali dan negara-negara Eropa lainnya.

Selama ini bisnis yang telah dirintis lebih dari 20 tahun ini tidak hanya mengandalkan promosi dari internet. Pemasaran juga dilakukan dari mulut ke mulut oleh pelanggan yang telah bekerjasama. Biasanya, replika yang telah dibeli kemudian dijual lagi pada pengusaha otomotif, untuk kemudian dipajang di showroom dan restoran di Eropa dan Asia.

Selain mirip dengan ukuran aslinya, mobil dan motor yang dibuat Eko memiliki kelebihan pada detail pembuatan yang menyerupai versi aslinya. Tuas-tuasnya pun juga dapat digerakkan. Selama ini, replika mobil yang pernah dibuat antara lain Formula I, Jaguar, Cadillac, Limousine, Mercy, hingga Bugatti Veyron Super Sport, mobil yang digadang sebagai tercepat di dunia. Sedangkan untuk motor kebanyakan varian dari Harley dan juga Vespa.

Dengan hasil kualitas dan detail yang ditawarkan, mobil dan motor yang diproduksi di Jawa Tengah ini memiliki harga yang tergolong murah, apabila dibandingkan dengan buatan negara lainnya. Harga untuk satu unit motor kayu ini dibandrol senilai Rp11 hingga Rp 17 juta. Sedangkan untuk mobil, pembeli perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 35 sampai Rp 75 juta. Semuanya tergantung tingkat kerumitan yang dimiliki.

Source Kerajinan Replika Mobil Kayu di Boyolal Goodnews
Comments
Loading...