Kerajinan Replika Pemain Bola Di Wonosobo

0 247

Kerajinan Replika Pemain Bola Di Wonosobo

Perhelatan akbar Piala Dunia 2010 lalu membawa berkah tersendiri bagi Wibawa, pengrajin replika di Wonosobo. Sejak satu bulan lalu, Wibawa kebanjiran order dari para bolamania untuk membuat replika pemain sepakbola.

Wibawa menjadikan rumahnya di Jalan Bhayangkara, Wonosobo, Jawa Tengah sebagai bengkel kerja. Dari tempat itu, replika pemain bola internasional, seperti Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, Kaka, dan sejumlah pemain ngetop, diproduksi.

Bahan yang digunakan untuk membuat replika tersebut adalah resin atau fiberglass. Sedangkan untuk bentuk kaki dan tangan menggunakan besi atau kawat. Pembuatan replika juga butuh kesabaran dan ketelitian, mulai dari proses membentuk wajah hingga seluruh bagian tubuh.

Bentuk replika pemain tersebut sangat mirip dengan aslinya, baik wajah maupun seragam yang dipakai. Replika tersebut dijual antara Rp70 ribu hingga Rp160 ribu per buah. Anda juga bisa mendapatkan replika pemain dalam satu klub dengan harga sekitar Rp500 ribu. 

Usaha tersebut telah digeluti Wibawa selama tujuh tahun. Hasil karyanya dipasarkan ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Sumatera. Dalam sebulan, Wibawa memperoleh omzet hingga Rp20 juta. Namun jika musim demam sepakbola seperti Piala Dunia dan Piala Eropa, bisa naik dua kali lipat. Selain replika pemain bola, Wibawa juga membuat berbagai replika tokoh kartun permainan anak-anak.

Berawal dari iseng, keterampilan yang dimiliki Wibawa kini menjadi lapangan kerja bagi belasan pemuda di sekitar tempat tinggalnya. Sejumlah pekerja mengaku, cukup senang dengan adanya usaha tersebut. Setidaknya mereka tidak lagi menganggur dan mendapat penghasilan Rp30.000 per hari.

Source Kerajinan Replika Pemain Bola Di Wonosobo Kerajinan Replika Pemain Bola Di Wonosobo
Comments
Loading...