Kerajinan Replika Perahu Di Bangkalan

0 207

Kerajinan Replika Perahu Di Bangkalan

Kampung Jaya Sumber, Desa Pesangrahan kecamatan Kwanyar Bangkalan, dikenal sebagai kampung nelayan. Terletak dibibir pantai selatan, kehidupan warga tidak hanya bergantung dari hasil tangkapan ikan.

Disela-sela kesibukannya sebagai nelayan, warga kampung ini juga memproduksi perahu mini. Replika perahu itu, dibuat sesuai dengan pesanan. Ada yang dibuat hiasan dan juga khusus balapan. Bagi perahu mini yang dibuat hiasan tersebut dapat menggunakan segala macam jenis kayu. Namun, khusus buat balapan kayu waru menjadi pilihan. Semakin ringan beban kayu, semakin kencang laju perahu.

“Kalau perahu mini yang dibuat balapan paling banyak dipesan ketika bulan Agustus, karena banyak perlombaan adu cepat perahu mini,” kata pengrajin perahu mini, Rasul. Harga yang dipatok untuk jenis perahu hiasan dan balapan tergantung dari ukuran. Perahu kecil berukuran 0,5 meter dijualnya seharga Rp 100 ribu. Sedangkan, ukuran terpanjang, 1,25 meter seharga Rp 300 ribu.

“Membutuhkan waktu 4 hari untuk menyelesaikan satu jenis perahu. Mulai dari memahat kayu hingga pengecetan. Sejak tahun 2012 ada lomba balapan perahu,” imbuh Rasul. Menurutnya, kerajinan perahu mini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang. Biasanya warga setempat yang merantau memesan untuk dijual di perantauan. Berawal dari sanalah hasil perahu mini khas Kwanyar mulai dikenal.

“Pemesannya banyak dari Bali. Ada yang memang untuk balapan, ada juga yang dipesan untuk souvenir. Tergantung permintaan,” terangnya.

Menggeluti kerajinan perahu mini menjadi penghasilan tambahan dikala tak mencari ikan. Cuaca buruk akhir-akhir ini membuat Rasul lebih banyak meluangkan waktu memproduksi perahu pesanan.

Source Kerajinan Replika Perahu Di Bangkalan jatimtimes.com
Comments
Loading...