Kerajinan Replika Singa Dari Onderdil Motor Di Semarang

0 172

Kerajinan Replika Singa Dari Onderdil Motor Di Semarang

Istilah seni untuk semua kalangan memang benar adanya. Hal itu juga yang diyakini Brigadir Budi Santoso, polisi yang bertugas di bagian Pelayanan Markas (Yanma) Polda Jateng. Bagaimana tidak, ia tidak sekadar punya keahlian tambahan di bidang las namun juga hobi terhadap kesenian. Hobinya itu dia salurkan di waktu luang untuk membuat kerajinan tangan berbahan onderdil atau sparepart sepeda motor. Karya Brigadir Budi berjudul ‘roar’ dipajang di gelaran Pazaar Seni 2016.

Ketika memasuki stand lukisan, pengunjung akan disambut oleh patung singa dengan tinggi sekitar satu meter. Uniknya, patung pradator atua hewan buas tersebut terbuat dari besi bekas bangunan hingga onderdil sepeda motor.

Di bagian wajah singa misalnya, tampak jelas ratusan rantai motor yang ditata membentuk wajah penguasa hutan tersebut. Di bagian kaki ada shock breaker, piston, hingga busi, semua tersambung dengan dilas. Tidak heran jika pengunjung banyak yang mengabadikan karya yang ternyata dibuat oleh seorang brigadir polisi tersebut.

Tidak banyak yang tahu kalau itu karya milik Budi Santoso. Pasalnya hanya ada tulisan jangan disentuh, tanpa embel-embel judul karya, hingga nama artis.

Yudhi yang merupakan kakak kandung Budi Santoso memang mengajak serta adiknya untuk memamerkan karyanya untuk pertama kalinya di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang. “Ini untuk pertama kalinya karya adik saya dipamerkan, baru beberapa hari ini dipajang, tawaran untuk diikutkan di beberapa galeri sudah muncul,” jelas Yudhi.

Ia menjelaskan, ini bukti bahwa seni milik semua kalangan. Menurutnya image polisi yang selama ini kaku, akan terbantahkan karena ada anggotanya yang memiliki kemampuan mematung dengan onderdil sepeda motor bekas. “Tawaran yang sudah masuk banyak mulai galeri dari Yogyakarta, hingga Spanyol dan Tiongkok,” pungkas Yudhi.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2016/08/31/keren-brigadir-budi-santoso-bikin-patung-singa-berbahan-onderdil-motor
Comments
Loading...