Kerajinan Replika Tulang Panggul Karya Mahasiswa UGM Di Yogyakarta

0 198

Kerajinan Replika Tulang Panggul Karya Mahasiswa UGM Di Yogyakarta

Selama ini, replika anatomi tubuh manusia sangat bermanfaat bagi siswa dan mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu anatomi dan ilmu kebidanan. Sayangnya, karena terbuat dari resin, harganya pun relatif mahal. Lima mahasiwa D4 Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada berhasil membuat replika tulang panggul perempuan berbahan kayu waru. Mereka adalah Raani Nur, Iffah Hanim, Ayu Indah, Noor Rofi, dan Ummi Khairun Niswah.

“Kami menamai produk ini, Mithompel, yang tidak lain adalah singkatan dari Mini Phantom Pelvis. Kita membuatnya dalam ukuran mini, seberat 60 gram. Harganya relatif lebih murah, ringan, tidak mudah rusak, dan mudah dibawa ke mana-mana,” ujar Raani Nur.

Ia menjelaskan, setiap produk Mithompel dilengkapi buku panduan yang menjelaskan detail nama-nama bagian tulang panggul, juga boneka bayi.

“Alasan kami membuat Mithompel berangkat dari keinginan untuk mempermudah belajar anatomi tulang panggul perempuan dan mengetahui mekanisme persalinan melalui alat peraga. Biasanya, saat belajar anatomi tulang panggul, kami hanya bisa melihat langsung patung alat peraga yang tersedia di laboratorium atau mempelajarinya dalam buku bacaan,” tuturnya

Pembuatan Mithompel melibatkan para pengrajin batik kayu di Desa Wisata Krebet, Pajangan, dan Desa Palbapang, Bantul. Saat ini, sedikitnya melibatkan lima pengrajin kayu. Awalnya, para pengrajin kayu kesulitan membuat Mithompel. Setidaknya perlu tiga hari bagi pengrajin untuk menyelesaikan pesanan pertama ketika itu. Kini, satu pengrajin bisa menghasilkan satu produk setiap harinya.

Satu produk Mithompel dijual seharga Rp140 ribu. Kini, Mithompel telah terjual seratusan produk, setelah dipromosikan melalui media sosial sejak April lalu. Banyak pembeli yang umumnya para mahasiswa berminat membeli Mithompel.

Saking banyaknya orderan, tim produksi Mithompel kewalahan karena tidak semua pengrajin bisa mengerjakan pesanan dalam jumlah banyak. Banyak pelanggan yang terpaksa inden terlebih dahulu. Bahkan pembeli telah merambah Sulawesi dan luar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski pembuatan produk dalam rangka mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan yang diselenggarakan Ristek Dikti, Mithompel akan terus dikembangkan sebagai proyek bisnis dengan lebih gencar mempromosikan produk ke pasaran.

Source http://jogjadaily.com http://jogjadaily.com/2015/09/mithompel-replika-tulang-panggul-perempuan-berbahan-kayu-waru/
Comments
Loading...