Kerajinan Robot Dari Logam Bekas Di Semarang

0 204

Kerajinan Robot Dari Logam Bekas Di Semarang

Apa yang dilakukan Indriyanto, warga di Kota Semarang, Jawa Tengah ini sungguh menginspirasi. Dengan kreativitasnya, sejumlah barang bekas bisa disulap menjadi miniatur robot bernilai tinggi.

Ya, Indriyanto memanfaatkan aneka macam logam bekas tak terpakai di lingkungan tempat tinggalnya. Dengan ketelitian dan keuletan, logam bekas itu mampu mendatangkan untung berlipat.

Salah satu karya menarik Indriyanto yakni aneka robot mini yang dipoles sedemikian rapi. Robot-robot logam ia buat dalam berbagai ukuran, seperti robot gundam dan aneka robot dengan memadukan kultur lokal yakni wayang.

Pria yang tinggal di lengkong Kelurahan Karangayu, Semarang Barat itu memulai menekuni kerajinan logam sejak 2009 silam. Berawal dari hobinya mengutak-atik logam bekas, ia lalu memulainya dengan menyulap banyak gesper ikat pinggang yang berserakan dalam laci mejanya menjadi robot mini.

“Memang bentuknya menyerupai gundam. Saya poles dengan mengkilap dan detail mirip dengan aslinya seperti yang saya lihat di internet,” katanya.

Lambat-laun ia tertantang membuat kerajinan lainnya dari kerikil, ranting kayu, kabel-kabel bekas dan limbah alam lainnya. Kreatifitas itu pun berkembang. Ia lalu memanfaatkan sejumlah onderdil motor untuk dibuat karya lain seperti  mobil, kereta api, motor Harley dan sejumlah bentuk lainya.

“Saya pikir tidak ada salahnya saya membuat ragam mainan dari besi. Toh selama ini saya hanya melihat banyak mainan yang terbuat dari plastik. Harusnya kalau robot ya dibuat dari besi. Sehingga punya karakter yang bisa dibanggakan,” tuturnya.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Karya pria 42 tahun itu lambat laun dilirik sejumlah orang. Saat berkesempatan mengikuti pameran UMKM yang digelar Dinas Koperasi Jawa Tengah di Jakarta, produk buatannya diborong para kolektor. Tak tanggung-tanggung, banyak miniatur mobil maupun motor Harley Davidson mampu memikat sejumlah kolektor.

“Permintaan paling banyak robot dan motor-motoran Harley. Seringnya dapat orderan dua atau tiga buah,” ujar pria bertubuh gempal ini.

Saat ini, salah satu hasil karya Indriyanto yang banyak diminati adalah robot wayang. Kolaborasi robot modern dan kearifan lokal Jawa itu banyak dipesan sejumlah pelanggannya baik dalam dan luar kota.

Menurutnya, ketertarikan orang atas karya itu lantaran jarang ditemui di daerah lain. Sejumlah produk yang ia buat dibanderol senilai Rp2 juta.

Beberapa karya lain seperti  gantungan kunci, lego, sampai hiasan lampu kadang dijual lebih murah tergantung tingkat kesulitannya. Untuk proses pembuatannya bisa kelar sehari sampai sebulan tergantung detail produknya.

Source https://www.viva.co.id https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1069142-pria-ini-sulap-logam-bekas-jadi-miniatur-robot-bernilai-jutaan-rupiah
Comments
Loading...