Kerajinan Robot Dari Papercraft Di Semarang

0 150

Kerajinan Robot Dari Papercraft Di Semarang

Beragam robot dari tokoh film animasi The Transformer menjadi sumber inspirasi kelompok pemuda di Semarang, Jawa Tengah. Mereka mampu menciptakan karakter robot-robot itu dari kertas yang dijual hingga jutaan rupiah.
Optimus Prime, Megatron, Starscream, Soundwave, Ironhide, Wheeljack, dan Bumble Bee, menjadi tokoh-tokoh yang paling menyedot perhatian dalam serial film The Transformers. Namun siapa sangka, robot-robot itu diciptakan dari kertas melalui kerajinan yang disebut papercraft.
Papercraft merupakan perpaduan antara beberapa teknik seperti menggunting, melipat, mengelem, hingga merakit kertas menjadi bentuk yang diinginkan.
Di tangan orang-orang kreatif, selembar kertas manila bisa disulap menjadi beragam bentuk yang bernilai jual tinggi. Dari semula sekadar hobi, kerterampilan tersebut kini menjadi bisnis kreatif dengan omzet puluhan juta rupiah per bulan. Seperti yang dilakukan sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Peri Semarang
Tak hanya robot, karakter lain yang diciptakan adalah tokoh pewayangan, kastil istana ikan, hingga tugu muda semarang. Hasil karya mereka telah merambah hampir seluruh pulau di tanah air, yang dipesan melalui jejaring sosial. kerajinan ini terbilang rumit karena membutuhkan ketelatenan dan ketelitian tinggi.
“Untuk membuat papercraft, biasanya diawali dengan desain di komputer dan dicetak pada kertas manila atau kertas lain yang tebal. Langkah selanjutnya adalah menggunting atau memotong kertas sesuai pola,” kata Ketua Komunitas Peri Semarang Andy Wisnu.
Bagian tak kalah penting adalah melipat, karena harus dilakukan secara hati-hati apalagi jika pola kertas berukuran sangat kecil. Baru kemudian langkah terakhir adalah merakit hingga terbentuk karakter yang diinginkan.
Tak heran, untuk membuat satu karakter robot yang rumit bisa mencapai satu bulan. Sementara harga yang dipatok mulai dari bentuk paling simpel yakni Rp25 ribu hingga paling rumit yang harus dikerjakan oleh tim mencapai jutaan Rupiah.
Source https://www.wahanabogor.com https://www.wahanabogor.com/2016/12/membuat-robot-robot-dari-kerajinan.html
Comments
Loading...