Kerajinan Robot Edukasi Karya Mahasiswa UNDIP

0 155

Kerajinan Robot Edukasi Karya Mahasiswa UNDIP

SiRobo, robot edukasi ciptaan mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang menjadi perhatian pengunjung stan produk kreatif Pesta Rakyat Jawa Tengah di Pemalang.

Pengunjung terutama pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) tampak tertarik dan memenuhi chamber SiRobo karena penasaran dengan robot edukasi itu. SiRobo merupakan robot yang dirancang sedemikian rupa dan berbentuk mobil. Dirancang dengan dua ban yang dibalut di bagian belakang dan ban kecil (roller) yang dipasang di depan bagian tengah.

Pencipta SiRobo, Rofit Cahyo Prayogo, menuturkan robot tersebut dipersembahkan untuk anak- anak yang ingin mempelajari teknologi.

“Anak- anak bisa mempelajari dasar- dasar teknologi. Kemudian, belajar cara mengoperasikan robot ini, bagaimana berbelok, dan lain- lain,” kata Rofit.

Ia menerangkan, SiRobo dapat dioperasikan menggunakan gawai (smartphone). Instruksinya juga memakai Bahasa Indonesia sehingga mudah dimengerti.

Program operasional yang berupa perangkat lunak (software) harus diunduh terlebih dahulu. Ia juga tengah mengembangkan robot dengan bentuk kendaraan konstruksi, semisal backhoe.

“Onderdil dan sistem mekanisme yang digunakan seperti robot mainan dari luar negeri yang harganya mahal. Kalau ini harganya Rp 500 ribu,” ucapnya. Untuk sementara, pemasaran tersebut menggunakan sistem daring (online).

Pada stan produk kreatif di Pasar Rakyat Jateng, terdapat banyak produk- produk memiliki inovasi dan kreatifitas. Selain berbasis teknologi, juga ada produk kerajinan tangan.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/08/20/sirobo-robot-edukasi-ciptaan-mahasiswa-undip-jadi-perhatian-pelajar-pemalang-di-pesta-rakyat
Comments
Loading...