Kerajinan Robot Logam Di Semarang

0 160

Kerajinan Robot Logam Di Semarang

Pertengahan 2009, Indaryanto mulai merangkai sejumlah limbah logam. Percobaan pertama sempat tidak membuahkan hasil yang sesuai. Meski berulangkali gagal, tidak menyurutkan semangat pria yang kesehariannya menjadi guru ngaji privat ini.

Setelah melalui beberapa uji coba, IIn (sapaan akrabnya) akhirnya berhasil merangkai limbah logam tersebut. Prakarya pertamanya berhasil membentuk sebuah mobil.

“Sejak itu, saya terus coba merangkai limbahnya. Obsesi saya kala itu ingin membuat konstruksi berdiri, karena sedang tren robot,” katanya di Semarang.

Mulanya, Iin merakit kerajiinan logamnya dengan lem. Namun untuk membuat karyanya lebih baik, ia beralih menggunakan solder patri timah. “Dengan solder lebih kuat dan rapi karena warnanya sama juga,” ujarnya.

Robot dari limbah logam pun berhasil dibuatnya setelah melalui proses perangkaian selama 10 hari. Saat ini, untuk membuat satu robot, ia hanya membutuhkan maksimalnya 10 hari. Semua tergantung kerumitan dan banyaknya bahan yang digunakan.

Dia mengaku, robot menjadi prakarya yang paling banyak dibuatnya. Sebab, ia menilai robot dari plastik kurang menarik. Bagi Iin, robot adalah mainan yang melambangkan keberanian dan kekuatan, sehingga bagus jika dibuat dari bahan logam.

“Setelah lancar membuat robot, saya kemudian merangkai limbah logam menjadi gantungan kunci, replika mobil, kapal, kereta api, sampai robot wayang,” katanya.

Iin mengatakan, butuh waktu lama untuk merangkai limbah logam, karena selain membutuhkan imajinasi, juga terkendala keterbatasan alat yang dimilikinya. Soal bahan baku, Iin tidak mengalami kesulitan karena banyak pengepul yang menyetor kepada dirinya.

Saat ini, selain merangkai limbah logam, ia juga sedang mencoba membuat kerajinan dari kulit bawang dan korek. Harga kerajinan logam buatannya di banderol mulai Rp 20 ribu hingga Rp 2 juta.

“Yang paling mahal itu robot Gatotkaca dalam bingkai. Untuk pemasaran, masih dalam negeri. Tapi, ada beberapa pembeli dari Belanda dan Jepang, insidentil aja kalau pas ada pameran,” terangnya. Ia merasa bangga, karena salah satu karyanya pernah dibeli Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kala mengikuti pameran di Jepara.

Source http://radarsemarang.com http://radarsemarang.com/2017/10/23/robot-gatotkaca-paling-mahal-bangga-dibeli-gubernur/
Comments
Loading...