Kerajinan Rotan Di Bengkulu Tengah

0 281

Kerajinan Rotan Di Bengkulu Tengah

Pengolahan rotan menjadi barang rumah tangga, jadi produksi utama masyarakat umum khusus Pemerintah Daerah Bengkulu Tengah. Hasil olahan pun bernilai guna dan tinggi, seperti kursi, meja, ranjang dan perkakas lainnya. Hal itu menjamin hidupnya ekonomi masyarakat. Bahkan sekarang produksi kursi dari bahan baku rotan ini makin diminati.

Khusus warga Taba Pasmah makin meminati pengolahan rotan dan menjadikan pengolahan rotan sebagai industri ringan semakin makmur. Apalagi harga jual dari berbagai macam hasil industri rotan secara manual menjanjikan. “1 set kursi lengkap dengan meja berharga jutaan. Dikerjakan 1 minggu dan siap dipajang dan didistribusikan kepada pembeli,” kata pengrajin kursi rotan, Amri.

Menurut Amri, pengerjaan dan penyelesaian 1 kursi rotan tergantung bahan baku. Jika bahan baku segar dan lebih tua, maka cepat dikerjakan dengan dibantu peralatan industri yang lebih sederhana.  “Pas bahan baku sudah disiapkan, baru kita bekerja mulai dari pengolahan awal, pengeringan hingga pengecatan yang didukung peralatan,” ungkapnya.

Oyon, bos usaha rotan, mengaku pemasaran rotan saat ini lebih mudah dan sudah luas hingga ke provinsi lain. Untuk harga bervariasi sesuai dengan bentuk hasil produksi rotan dan pengerjaan hingga biaya dikeluarkan. “Biasanya ada yang memesan langsung dan memang membeli barang yang sudah jadi. Umumnya pembeli banyak dari luar daerah,” terang Oyon.

Dengan berdirinya industri dan pabrik sederhana rotan di Benteng tepatnya di Taba Pasmah, sudah membantu peningkatan ekonomi para pengrajin. Bahkan secara perlahan tidak menimbulkan kebosanan dari para pengrajin bekerja. “Pengolahan rotan ini membantu warga setempat. Harapan kita pemerintah membantu pemberdayaannya agar lebih besar industrinya,” harap Oyon.

Source http://harianrakyatbengkulu.com http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2015/10/05/kursi-rotan-benteng-makin-banjir-order/
Comments
Loading...