Kerajinan Rotan Di Bima, Nusa Tenggara Barat

0 308

Kerajinan Rotan Di Bima, Nusa Tenggara Barat

Sejak dimekarkan dari kecamatan induknya Monta pada tahun 2006, kecamatan Parado terus berbenah. Berbagai infrastruktur dibangun dan ditata. Demikian pula pembinaan dan pemberdayaan kelompok-kelompok udaha kecil menengah yang ada di wilayah yang dijuluki “Bumi Paadise” itu. Julukan itu tentu bukan tanpa alasan.

Salah satu kreatifitas masyarakat dan potensi yang perlu mendapatkan perhatian adalah Anyaman Rotan. Kerajinan ini telah digeluti masyarakat Parado khususnya di Parado Rato, Bima, Nusa Tenggara Barat sejak ratusan tahun silam. Bahan Baku anyaman ini seperti Rotan dan Ketak memang banyak tumbuh di tanah Parado. Beberapa pejabat penting Negara diantaranya Mantan Menteri Agama R.I Prof.DR. Said Agil Al Munawarah dan Prof. Ahmad Thibraya H. Muhammad Hasan seorang pakar pendidikan Nasional yang mengunjungi Parado untuk  melihat langsung potensi yang ada di wilayah ini.

Seiring dengan waktu, sejumlah penduduk yang tergabung dalam satu wadah/kelompok telah di latih oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima. Salah satu perajinnya adalah Abidin yang sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Jumlah kelompok Usaha Kecil Menengah di desa ini sejumlah 40 kelompok. Sebanyak 20 kelompok telah di bina diantaranya kelompok Anyaman Ketak, sisanya masih 20 kelompok lagi yang masih membutuhkan perhatian pemerintah. Jenis kerajinan yang dihasilkan dari kelincahan tangan warga Parado Rato antara lain Vas Bunga, piring, tempat menyimpan koran dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Source Kerajinan Rotan Di Bima, Nusa Tenggara Barat romantika mbojo
Comments
Loading...