Kerajinan Rotan Di Desa Aer Pasir

0 130

Kerajinan Rotan Di Desa Aer Pasir

Kerajinan khas Bangka Tengah yang menarik perhatian adalah produk buatan tangan atau home made dari Dusun Aer Pasir, Desa Lampur Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah.

Di stand pameran Disbudparpora Bateng, Saparudin perajin berbahan rotan menampilkan keahliannya. Dia mengolah tanaman hutan itu menjadi beragam barang berguna yakni ragak, suyak, piring rotan, bubu, kopiah resam dan tanggok sahang.

Semua hasil kerajinan tersebut merupakan barang yang biasa digunakan masyarakat Bangka sehari-hari, terutama di daerah pedesaan.

“Kami sengaja tampilkan dan bawa langsung perajinnya dari Aer Pasir. Nanti, Pak Saparudin langsung praktik membuat hasil kerajinan,” kata Kasi Promosi dan Pariwisata Disbudparpora Bateng Bastian.

Dia menyebutkan, hasil kerajinan tersebut sering dibawa dalam berbagai kesempatan pameran baik di Babel maupun di kota-kota lain.

Menurutnya, kerajinan khas Bangka tersebut harus mendapat perhatian agar tidak punah ditelan waktu. Apalagi, saat ini sangat minim generasi muda yang mewarisi ketrampilan membuat kerajinan tersebut.

Source http://bangka.tribunnews.com http://bangka.tribunnews.com/2016/03/06/kerajinan-rotan-aer-pasir-sering-ikut-pameran
Comments
Loading...