Kerajinan Rotan Di Tanjab Timur

0 222

Kerajinan Rotan Di Tanjab Timur

Usaha industri menengah kerajinan rotan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat ini mulai terancam punah. Pasalnya, hanya segelintir orang yang menggeluti kerajinan tersebut.

Usaha kerajinan tangan yang terbuat dari rotan saat ini sulit untuk dicari. Kalau pun ada, usaha kerajinan ini hanya ada di tempat tertentu. Seperti halnya pengrajin rotan di Desa Kota Baru Kecamatan Geragai, yang menggeluti dunia kerajinan tangan di tengah kepungan peralatan modern. Padahal, ditahun 80 an, penjual maupun pengrajin rotan masih mudah ditemui. Namun saat ini, hanya segelintir pengusaha yang mau menggeluti dunia kerajinan tangan yang berbahan dasar rotan.

‪Salah seorang pria paruh baya warga Desa Kota Baru yang tetap bertahan dalam usaha kerajinan tangan Gito, tetap bertahan menjual hasil kerajinan tangan berbentuk ambung, keranjang maupun anjungan topi yang terbuat dari rotan. ‘’Memang usaha ini sangat susah untuk bertahan. Karena, masyarakat sudah cenderung membeli peralatan modern,’’ ungkapnya.

‪Ada beberapa persoalan yang dihadapi Gito dalam usahanya, peminat hasil kerajinan tangan dikatakan sudah mulai langkah, begitu juga para pengrajin yang kebanyakan beralih profesi karena mengandalkan orderan terlebih dahulu. ‘’Bahan bakunya juga susah ditemui, makanya pengrajin banyak alih profesi,’’ tuturnya.

Gito menambahkan barang daganganya yang sebagian besar terbuat dari rotan diperoleh dari tetangga sekitar rumah. Terkadang, ada juga barang yang dibeli dari luar daerah untuk memenuhi keinginan pembeli itu sendiri, barang seperti apa yang dia mau.

Source https://kenali.co https://kenali.co/berita-76066-kerajinan-rotan-di-tanjabtim-terancam-punah.html
Comments
Loading...