Kerajinan Rumah Panggung Di Woloan

0 303

Kerajinan Rumah Panggung Di Woloan

Aktivitas pengrajin rumah panggung di Kelurahan Woloan, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon telah berlangsung selama puluhan tahun.

Jouce Kowaas, satu di antaranya. Pengusaha rumah panggung mengatakan, sejak 1972 sudah membantu orangtua untuk membangun rumah panggung. “Saat itu saya masih kecil dan membantu ayah membuat rumah untuk dijual,” ucapnya di tempat kerjanya.

Nanti tahun 2005, dia melanjutkan usaha orangtua karena sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan. Keahlian ini secara turun temurun dipelajari dari orangtua sehingga sampai sekarang terus dipraktikkan.

Ia menambahkan, beberapa rumah panggung bahkan di kirim sampai Jakarta, Medan, Balikpapan dan Halmahera. “Mereka datang melihat dan memesan langsung rumah panggung yang telah berdiri untuk dikirim,” ujar Jouce.

Ketika pembeli sudah setuju membeli, maka para pekerja harus ikut untuk memasangnya. “Ada yang pesan orang Medan, jadi pekerja ikut ke sana sementara bahannya dikirim melalui laut,” jelasnya.

Bahan utama kayu sebagian besar dibeli dari Bolaang Mongondow. Saat ini tersedia rumah satu kamar ukuran 5 meter kali 6 meter harganya Rp 60 juta, rumah dua kamar ukuran 7 meter kali 9 meter harganya Rp 100 juta dan empat kamar ukuran 9,5 meter kali 18,5 meter harganya Rp 300 juta.

Pembuatan rumah panggung untuk satu kamar sekitar dua minggu, dua kamar satu bulan, dan empat kamar membutuhkan waktu dua bulan. “Saya tidak bekerja sendiri untuk membangun rumah panggung, jadi ada beberapa orang kerja dalam menyelesaikan rumah,” terangnya.

Jouce menambahkan, hasil usaha rumah panggung ini telah mampu menyekolahkan empat anaknya. Dua sudah lulus kuliah satu anak sementara kuliah dan anak bungsu
masih sekolah. Bagi masyarakat yang ingin mencari rumah panggung bisa datang langsung di Kelurahan Woloan. Berbagai jenis dan model rumah serta ukurannya di sana.

Source http://manado.tribunnews.com http://manado.tribunnews.com/2017/05/23/cerita-sukses-pengrajin-rumah-panggung-woloan
Comments
Loading...