Kerajinan Sablon Kaos Di Purbalingga

0 161

Kerajinan Sablon Kaos Di Purbalingga

Dalam sebuah gubuk di tepi sawah pedesaan Bokol Kemangkon, Kabupaten Purbalingga beberapa gadis menari luwes diiringi musik akustik. Mereka tengah mempersiapkan diri untuk tampil dalam pentas tahunan yang akan dihadiri banyak orang waktu dekat ini. Di ruang lain, beberapa anak sibuk menyablon kaus menggunakan peralatan khas cukilan kayu untuk kemudian dijual.

Sementara beberapa remaja lain usia sekolah khusyuk memilah dan membaca buku di perpustakaan lantai dua rumah bambu. Lantai pertama adalah galeri art untuk memajang beragam karya seni anak-anak sanggar. Sanggar Darimu, itulah nama sanggar yang berada di areal persawahan yang ramai dikunjungi pemuda desa.

“Mereka bisa bebas berekspresi di sini untuk mengembangkan kesenian yang jadi minat mereka,” kata Dwi Nugroho, pendiri Sanggar Darimu desa Bokol Kecamatan Kemangkon Purbalingga.

Pendirian sanggar Darimu berawal dari keisengan anak-anak musik Reggae yang biasa nongkrong di desa itu. Dwi bersama teman-teman berambut gimbal lainnya berinisiatif mengganti rutinitas dari sekadar nongkrong menjadi kegiatan yang lebih produktif.

Mereka membuat gubuk-gubuk kecil dari bambu di persawahan sebagai tempat berkarya. Mereka mengajak anak-anak desa dan remaja putus sekolah untuk menyalurkan bakatnya sekaligus berkarya agar bisa menghasilkan uang.

Remaja putra lebih tertarik bermusik serta menggeluti seni rupa, mulai melukis hingga membuat ukiran atau memahat patung. Tak lama kemudian remaja putus sekolah di desa ini pun bisa menghasilkan karya kerajinan bambu atau handycraft yang laku dijual.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2017/10/29/jangan-lihat-rambut-gimbalnya-di-gubuk-gubuk-sawah-ini-mereka-berkreasi-dan-berwirausaha?page=2
Comments
Loading...