Kerajinan Sabun Hias Di Desa Mlaten

0 256

Kerajinan Sabun Hias Di Desa Mlaten

Seorang wanita berkacamata hitam dengan atasan blazer abu-abu berpadu kaus putih terlihat sibuk memarut sabun batangan di ruang tamu rumah yang berada di Perum Indraprasta Blok B2 no 49, Desa Mlaten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

Usai memarut, dia menuangkan satu sendok lem rajawali dan tepung maizena di atas wadah plastik. Dia juga menambahkan sedikit air. Sejurus kemudian, dia menuangkan parutan sabun batangan di wadah plastik berisi lem rajawali dan tepung maizena. Lalu tangannya mengaduk-ngaduk parutan sabun itu dengan sendok hingga tercampur sempurna dan mengental.

Setelah mengental, dirinya menjumput adonan tersebut dan diletakkan di telapak tangan. Adonan diputar-putar di telapak tangan hingga membulat.

Tak seberapa lama dia kembali menjumput adonan. Adonan itu diletakkan di jemarinya dan ditekan-tekan hingga membentuk lingkaran.

Wanita itu bernama Iis Ratnawati. Iis sapaan akrabnya merupakan pengrajin bunga sabun. Saat dijumpai dikediamannya, dia tengah membuat pesanan bunga sabun pesanan pelanggan.

“Setelah adonan telah berbentuk bulat dan lingkaran, saya menyatukannya. Adonan lingkaran dipotong menjadi empat dan ditaruh mengelilingi adonan bulat. Kemudian, adonan lingkaran ditekuk ke atas dengan jari hingga membentuk kelopak mawar,” katanya

Source http://jatim.tribunnews.com http://jatim.tribunnews.com/2019/02/08/bermula-dari-iseng-kerajinan-tangan-bunga-sabun-iis-tembus-pasar-jatim-dan-jateng
Comments
Loading...