Kerajinan Sabut Kelapa Di Pangandaran

0 493

Kerajinan Sabut Kelapa

Seorang perajin sabut kelapa, Sunu mengaku dalam waktu dekat akan memasarkan produknya melalui sejumlah perusahaan retail kerajinan di Bandung dan Jakarta. Dengan dibantu dua orang pekerja nya mia membuka usaha bengkelnya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Selain itu, kata Sunu, ia juga terus menggencarkan promosi, baik melalui internet maupun pameran-pameran.

Meski terbuat dari sabut, Sunu mengklaim, produk kerajinannya kuat dan tahan lama karena proses pemadatan, pengeringan, serta menggunakan vernish sebagai pelapis. Secara teknis, menurut Sunu, sudah tidak ada kesulitan yang berarti dalam pengerjaan produk-produknya.

Sunu menjelaskan, sabut sebagai bahan baku kerajinanya diperoleh secara gratis dari pabrik-pabrik pengolahan kelapa. Mula-mula, kata dia, serat-serat sabut dipisahkan antara yang panjang dan yang halus. Sabut panjang, menurut Sunu, digunakan untuk membuat produk-produk besar, seperti kap lampu. Sementara sabut halus, kata Sunu, diolah menjadi produk-produk kecil, seperti gantungan kunci.

Produk-produk yang sudah dihasilkan Sunu, di antaranya adalah mangkuk buah, kotak tisu, vas bunga, kap lampu kamar serta cenderamata, berupa gantungan kunci dan hiasan lemari es. Masing-masing kerajinan unik itu ditawarkan dengan harga berbeda. Produk termahal adalah kap lampu seharga Rp 100 ribu per buah, sementara yang paling murah adalah gantungan kunci dan hiasan lemari es, seharga Rp 10 ribu per buah.

Source Kerajinan Sabut Kelapa Di Pangandaran Kerajinan Sabut Kelapa Di Pangandaran
Comments
Loading...