Kerajinan Sajadah Dari Akar Wangi Di Garut

0 205

Kerajinan Sajadah Dari Akar Wangi Di Garut

Melimpahnya hasil produksi akar wangi menyebabkan perajin di Kabupaten Garut, Jawa Barat tertarik untuk membuat sajadah dari akar wangi. Dipadu-padankan dengan kain batik Garutan, menambah keelokan hamparan sajadah akar wangi tersebut. Proporsi akar wangi yang digunakan hampir 90 %, sisanya kombinasi batik Garutan.

Adalah Franz Limiart, Ketua Kelompok Usaha Bersama Zocha Graha Kriya yang mempelopori pembuatan sajadah akar wangi di Kab. Garut. Bersama kelompok pengrajin akar wangi, pembuatan sajadah sudah dimulai sejak 3 tahun lalu. “Ukuran sajadah dibuat standar, panjangnya 70×110 cm,” katanya.

Sebelum Bulan Ramadan, permintaan sajadah akar wangi sudah mengantre. Tak kurang dari 5.000 lembar sajadah akar wangi sudah diproduksi, mendekati Hari Raya Idul Fitri stok yang tersedia malah menipis. “Dibanding produk sejenis dari daerah lain, kami menawarkan kualitas terbaik,” ucapnya.

Kelebihan yang dimiliki sajadah akar wangi, aroma yang dikeluarkan tahan lama. Selain itu, para pengguna mengaku ibadah shalat yang dilaksanakan lebih konsentrasi karena akar wangi menjadi aromaterapi yang menenangkan. “Penggunaan sajadah untuk alas shalat terkait budaya, meski ada yang tidak memerlukannya. Namun, banyak pelanggan yang menggunakan sajadah akar wangi mengaku ibadah shalat dikerjakan dengan khusyuk dan menenangkan,” tuturnya.

Harga sajadah berkisar Rp 140.000-150.000. Kini, kelompok Zocha mengembangkan produk dengan membuat peci akar wangi serta sajadah kecil khusus untuk kepala. Untuk memenuhi permintaan pelanggan, kelompok menambah 4 mesin tenun yang dioperasikan oleh 16 orang. Sedangkan, bahan akar wangi didapat dari kebun sendiri di kawasan Kec. Cilawu. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pengrajin akar wangi.

Yang perlu diperhatikan, sajadah bukan menjadi kavling mutlak untuk shalat, sehingga terhalang untuk bergeser merapatkan barisan. Melainkan, menciptakan kenyamanan saat beribadah shalat.

Source http://www.pikiran-rakyat.com http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2011/08/15/155276/perajin-garut-produksi-sajadah-dari-akar-wangi
Comments
Loading...