Kerajinan Sandal Bahan Limbah Karpet Di Jakarta Selatan

0 274

Kerajinan Sandal Bahan Limbah Karpet Di Jakarta Selatan

Sandal tidak selalu terbuat dari bahan kulit, manik-manik, atau karet sintetis bermotif. Limbah karpet dan tikar pun bisa dijadikan sandal unik dan menarik sehingga diminati masyarakat. Tengok saja usaha pembuatan sandal cantik milik Khairul Asri yang menggunakan bahan karpet hasil daur ulang.

Selama 17 tahun berkecimpung di bidang pembuatan sepatu membuat Khairul berpikir untuk menciptakan produk berbeda. Modal sebesar Rp 200 ribu pun ternyata cukup untuk menjalankan bisnis sandal cantik ini. Hingga akhirnya memasuki tahun kedua omzet penjualan mencapai belasan juta rupiah.

Harga sandal-sandal cantik buatan pria asal Riau ini tidak terlalu mahal, yakni sekitar Rp 15 ribu untuk ukuran kaki anak kecil dan Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu untuk orang dewasa. Belum lagi souvenir seperti gantungan kunci, bingkai foto, tas, dan rumah boneka Barbie yang harganya terjangkau dengan kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu.

Dalam menjalankan usahanya, Khairul dibantu Darni sang istri dan tujuh karyawan yang merupakan para tetangga di lingkungan tempat tinggalnya di Jalan Swasembada 2 Nomor 11 Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ponsel: 0852 1013 4172. Namun sayang, meski menciptakan lapangan kerja baru, Khairul masih terbentur ketersediaan bahan baku, yakni karpet daur ulang.

Meskipun demikian, Khairul terus berupaya menjalankan usaha ini. Bahkan kini dia mampu memenuhi pesanan hingga 300 pasang setiap pekannya. Selain menjual lewat toko, ia juga rajin mengikuti bazar dan pameran-pameran. Maka tak heran jika produk buatannya sudah bisa menembus pasar di luar Jawa seperti Balikpapan dan Pekanbaru. Bahkan dalam waktu dekat sandal daur ulang ini akan dibawa ke pameran di Belanda.

Source http://news.liputan6.com http://news.liputan6.com/read/158157/sandal-cantik-berbahan-daur-ulang-karpet
Comments
Loading...