Kerajinan Sandal Di Gowa

0 277

Kerajinan Sandal Di Gowa

Pemerintah Kabupaten Gowa akan menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan untuk memasok serta menyalurkan sendal kerajinan dari industri rumah tangga yang menjadi binaannya.

Pemerintah mengatakan, sendal hasil kerajinan yang akan dipasok ke hotel-hotel di Makassar itu dibuat langsung dari memanfaatkan eceng gondok yang banyak tumbuh secara liar di rawa-rawa.

Melalui “Rumah Belajar Industri Kecil (RUBIK) Lasiajari”, eceng gondok ini kemudian berhasil diolah menjadi sendal-sendal khusus untuk para tamu hotel.

“Ini adalah peluang yang cukup bagus bagi semua masyarakat khususnya yang mulai mengolah eceng gondok menjadi sebuah produk tepat guna. Saya harap warga yang sudah mengolah eceng gondok menjadi sendal ini supaya meningkatkan kualitasnya, supaya produk kita dicari,” katanya.

Di hadapan para pengrajin usaha Industri Kecil Menengah (IKM) mantan anggota DPRD Sulsel dua periode itu menantang para pengrajin untuk membuat terobosan dalam meningkatkan kualitas dari olahannya.

Karena menurut dia, hasil kerajinan yang berkualitas pasti akan disenangi dan dicari-cari pengguna, sehingga ini akan menjadi lahan yang bagus untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat khususnya pengrajin.

Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, membentuk Rumah Belajar Industri Kecil (Rubik) untuk menumbuhkembangkan kemampuan warga masyarakat dalam berwiraswasta.

Selain itu, Adnan juga mengajak kepada pihak lain untuk turut berkontribusi dalam program semacam ini seperti anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Gowa.

“Saya berharap tidak hanya Disperindag yang berperan dalam menjalankan program ini, tetapi ada `stakeholder` lain yang mampu untuk meneruskan program ini di semua kecamatan se-Gowa. Saya berharap HIPMI juga mampu melahirkan IKM hingga tingkat kecamatan, bahkan tingkat desa dan kelurahan,” tambahnya.

Source https://makassar.antaranews.com https://makassar.antaranews.com/berita/77939/sendal-kerajinan-gowa-akan-dipasok-ke-hotel
Comments
Loading...