Kerajinan Sandal Kulit Silang Di Tanjung Balai

0 267

Kerajinan Sandal Kulit Silang Di Tanjung Balai

 Di kota Tanjung Balai, Sumatera Utara terdapat sebuah toko pengrajin sandal yang sudah berjalan tiga generasi lamanya. Warga tanjung balai sendiri mengenal sandal tersebut dengan nama sandal silang.

Sandal silang terbuat dari kulit lembu asli yang dibeli pemiliknya dari kota Bandung, dan dirakit secara manual oleh pemiliknya. Harga sandal bervariasi disesuaikan dengan model dan kesulitan cara membuatnya.

Bentuknya sederhana, dan mempunyai keunggulan tersendiri, ya inilah sandal kulit silang khas tanjung balai, Sumatera Utara.

 Imey , pengrajin sendal kulit silang menekuni pembuatan sendal ini sudah berjalan tiga generasi. “Selain itu untuk bahan kulitnya diperoleh dari bandung,” ujarnya.

Di sana terdapat sebuah toko pengrajin sandal yang melegenda yang berdiri selama tiga generasi atau ratusan tahun lamanya. Sandal silang ini, dibuat secara turun menurun, dan pekerjanya tidak menggunakan banyak orang.

Sandal silang, ini sendiri terbuat dari kulit lembu asli yang di pesan langsung dari kota Bandung, yang kemudian di rakit secara manual dengan alat yang sederhana. Sendal silang ini cukup dikenal masyarakat luas, mulai dari kota Tanjung Balai, hingga kabupaten Asahan, dan Batubara.

Untuk membeli sandal ini, pembeli harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, karena harganya berkisar dari Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per pasangnya. Menurut Jamal Efendy, pembeli warga Asahan mengaku baru pertama kali membeli sendal ini, dan tahu dari kerabatnya. Dirinya membeli karena keunggulang sandal ini, dapat tahan lama.

Source https://economy.okezone.com https://economy.okezone.com/read/2016/10/05/320/1507221/inspirasi-bisnis-sandal-kulit-silang-yang-bernilai-ekonomi
Comments
Loading...