Kerajinan Sandal Ukir Di Kendal

0 531

Kerajinan Sandal Ukir Di Kendal

Menyemarakkan Piala Dunia 2014, seniman dan pengrajin sandal ukir di Kendal, Jawa Tengah, banjir pesanan membuat sandal ukir bertema Piala Dunia. Seniman sandal ukir atau disebut cukil menerima order pembuatan sandal dengan motif logo peserta Piala Dunia hingga penyu yang bisa menebak juara Piala Dunia 2014.

Dengan hanya berbekal pisau cutter, seniman di Kendal, Jawa Tengah, mengukir sandal jepit untuk dijadikan karya seni yang lebih menarik. Di Galeri Mayday, Jalan Waluyo, Kendal, Jawa Tengah inilah sejumlah seniman ikut memeriahkan perhelatan Piala Dunia 2014 dengan membuat sandal ukir bertema Piala Dunia.

Meski proses pembuatannya agak rumit, membutuhkan ketelitian dan ketrampilan, seniman dan perajin sandal ukir ini kebanjiran order. Bahkan, pengrajin kewalahan menerima pesanan. Pelanggan umumnya memesan sandal ukir bergambar logo Piala dunia, logo tim kesebelasan peserta Piala Dunia, hingga penyu yang dapat meramal pemenang setiap pertandingan.


Sodrun, salah satu perajin dan seniman sandal ukir, mengatakan bahwa pesanannya meningkat hampir 100 persen.  Menurutnya, jika sebelumnya pesanan sandal ukir hanya bergambar wajah atau tulisan, kini saat Piala Dunia, pesanannya lebih banyak logo tim kesebelasan dan logo Piala Dunia Brasil.

Membuat sandal ukir tidak terlalu sulit, hanya saja bahan baku sandal jepit yang berukuran besar sulit didapat. Dia menjelaskan, kesulitan pembuatan sandal ukir adalah saat menggambar pola, karena harus simetris agar terlihat bagus. Sedangkan saat mencukil dan mengukir, hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam untuk satu sandalnya.

Sementara itu, Osamusawa, salah satu pelanggan sandal ukir atau cukil, mengaku memesan sandal ukir berlogo Piala Dunia Brasil 2014. Harga yang ditawarkan termasuk murah, hanya Rp25 ribu untuk hasil yang baik. Sandal ukir karya seniman dan perajin Kendal ini dipatok dengan harga antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu, tergantung ukuran sandal. Pemesan juga bisa membawa sendiri sandal japit yang akan diukir dan gambar yang diinginkan.

Source https://www.viva.co.id https://www.viva.co.id/berita/bisnis/513109-demam-piala-dunia-pengrajin-sandal-ukir-kebanjiran-pesanan
Comments
Loading...