Kerajinan Sangkar Burung Di Cianjur

0 428

Warga Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Cianjur hampir 80 persen menekuni Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang kerajinan tangan Sangkar Burung Perkutut. Bahkan, pemasarannya sebulan sekitar 4000 sangkar tembus sampai Cigeneng, Bandar Lampung. Sepintas tidak terlihat, ada segudang potensi kerajinan UKM atau home industri di Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah. Padahal Desa ini punya segudang potensi. Salah satunya adalah UKM pembuatan sangkar burung.

Di desa ini, ada sekitar puluhan pengrajin sangkar burung khusus burung perkutut. Mereka sudah hampir belasan tahun menekuni usaha ini. “Perlu diketahui penjualan dan pesanannya sudah tembus sampai ke Bandar Lampung. Dalam sebulan dikirim sekitar 4 ribu sangkar,” ucap Kepala Desa Sindangasih, Dedy.

Salah satu pengrajin juga warga setempat, H Ace membenarkan. Sudah lama UKM ditekuni warga, dari mulai tahun 2000 hingga saat ini masih berjalan dan pemasarannya bagus. Ada enam jenis atau bentuk sangkar burung perkutut yang diproduksi. Di antaranya, bentuk (motif) Mahkota harga sekitar Rp 100 ribu, Kereta Kencana harga sekitar Rp 75 ribu, Batik atau Kerang Batik harga Rp 50 ribu, Bangkok harga Rp 60 ribu, Kain Lancar harga Rp 60 ribu dan bentuk Barong paling murah harganya hanya Rp 35 ribu saja.

Source Kerajinan Sangkar Burung Di Cianjur Kerajinan Sangkar Burung Di Cianjur
Comments
Loading...