Kerajinan Sapu Bahan Sabut Kelapa Dari Kebumen

0 288

Kerajinan Sapu Bahan Sabut Kelapa

Pemanfaatan yang baik pohon kelapa. Hampir semua bagian yang ada di pohon kelapa memiliki kegunaan. Termasuk sebutnya, sabut kelapa. Sabut kelapa Kebumen bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan sapu. Seperti yang dilakukan bapak Romli dan istrinya, ibu Sri, warga desa Pandanlor Klirong Kebumen. Mereka berdua memanfaatkan sabut kelapa yang ada di sekitar rumahnya, menjadi kerajinan sapu.

Untuk mendapatkan hasil yang halus, sabut kelapa diolah terlebih dahulu dengan menggunakan alat pencacah supaya sabut yang tadinya kasar menjadi halus. Proses ini tidak menunggu waktu lama. Tidak hanya Pak Romli, tapi warga desa Pandanlor Klirong Kebumen juga membuat kerajinan sapu dari sabut kelapa. Kerajinan ini bagi mereka menjadi mata pencaharian tambahan sehari-hari. Bukan hanya kerajinan sapu saja, namun sabut kelapa itu juga di buat kesed, tali dan juga beberapa kerajinan lainnya.

“Ya lumayan keuntungannya, meskipun tidak seberapa, tapi cukup untuk menambah penghasilan,” ungkap Pak Romli. Kerajinan sapu dari sebut kelapa ini memiliki pangsa pasar tersendiri. Selain pemasarannya untuk wilayah Kebumen, sapu Desa Pandanlor Klirong Kebumen juga telah mampu menembus pasar luar negeri.

Source Kerajinan Sapu Bahan Sabut Kelapa Dari Kebumen Kerajinan Sapu Bahan Sabut Kelapa Dari Kebumen
Comments
Loading...