Kerajinan Sapu Di Desa Botoasri, Pekalongan

0 213

Kerajinan Sapu

Sentra kerajinan sapu Di desa Botosari sangat pesat di mulai sejak tahun 90 an yang hanya dilakukan oleh segelintir pengrajin dengan model yang sederhana. Tapi, sekarang hampir seluruh masyarakat desa botosari membuatnya dengan model yang beragam dengan kata lain desa botosari sekarang menjadi sentra pengrajin sapu terbesar di kabupaten Pekalongan, bahkan tidak hanya di kabupaten pekalongan saja pemasarannya sampai Jawa tengah dan Jawa Timur yaitu Kedu, Boyolali, Kudus, Ngawi,Solo sampai Surabaya.
Banyak permasalahan yang muncul diantaranya harga bahan baku untuk membuat sapu membuat pengrajin sapu di Desa Botosari Paninggaran Kabupaten Pekalongan makin kesulitan untuk mengembangkan usahanya, Ketua Petani bambu Trubus Desa Botosari, Fuad mengungkapkan kesulitannya dalam mencari bahan baku.
Dengan mahalnya bahan bambu yang semakin tinggi akhirnya para pengrajin bambu punya ide menanam bambu sendiri di pinggiran kali dan bantaran sungai, selama ini bambu jarang orang yang menanam biasanya yang sudah ada di tebang dan tidak menanam lagi akhirnya dari situ warga mulai menanam bambu.
Source Kerajinan Sapu Di Desa Botoasri, Pekalongan Kerajinan Sapu Di Desa Botoasri, Pekalongan
Comments
Loading...