Kerajinan Sapu Ijuk Di Kabupaten Lubuklinggau

0 358

Kerajinan Sapu Ijuk Di Kabupaten Lubuklinggau

Berada di kawasan Kelurahan Mesat Seni Kecamatan Lubuklingau Timur Dua Kota Lubuklinggau, industri rumahan kerajinan sapu ijuk milik Pak Muljono ini berada.

Ijuk sendiri adalah serabut hitam dan keras pelindung pangkal pelepah daun enau atau aren. Kerajinan yang telah ditekuni sejak 23 tahun yang lalu ini, Muljono dapat menghidupi para keluarga dan sejumlah karyawanya yang berasal dari warga setempat. Untuk produksi sapu sendiri dalam sehari karyawanya bisa membuat mencapai 300 buah sapu dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 7.000 sampai Rp. 10.000 perbuahnya.

Muljono menceritakan awal mulanya kerajinan sapu ijuk ini cukup menjajinkan dan terbilang cukup menguntungkan. Dimana pemasaran produksi sapu ijuknya bisa dijual hingga dibeberapa daerah dan provinsi seperti Kabupaten Musi Rawas, Empat Lawang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, serta sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi.

Ia menambahkan, kendala dalam kerajinan miliknya ini adalah bahan baku ijuk yang saat ini kian sulit didapat. Selain itu juga saat ini pemasaran kian menurun, terlebih lagi karena harus bersaing dengan produksi sapu pabrikan.

Source http://www.sriwijayatv.com http://www.sriwijayatv.com/read/11926/pengrajin-sapu-ijuk-lubuklinggau-keluhkan-bahan-baku-kian-sulit.html
Comments
Loading...