Kerajinan Sapu Ijuk Di Karangtengah

0 247

Kerajinan Sapu Ijuk Di Karangtengah

Usaha rumahan yang dirintis oleh ke-RW-an 06, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh terus dipertajam, salah satu bukti usaha rumahan di RW ini adalah pembuatan produk unggulan sapu ijuk yang dikabarkan pemasarannya sudah menembus luar daerah. Diketahui, usaha yang digeluti sejak 1970 ini sudah dipasarkan ke sejumlah wilayah mulai dari Bogor, Cianjur hingga Jakarta.

“Salah satu unggulan produk lokal yakni sapu ijuk dan ini sudah banyak dikenal. Selain di Sukabumi, pemasaran juga sudah ke luar Sukabumi,” ujar Toni Slamet selaku lurah di karangtengah.

Dikatakan Toni, adapun harga satu sapu ijuk itu di kisaran Rp 2000 – Rp 3000 tergantung bentuk dan jumlah pesanannya. Hingga saat ini produk rumahan tersebut kian ditekuni.

“Ada beberapa jenis sapu ijuk ini. Termasuk jika pesanan banyak, otomatis akan mengurangi harga asal,” terangnya.

Sementara itu, Pengrajin Sapu Ijuk di RW 06 Kelurahan Karangtengah, Cicih menambahkan, pembuatan sapu ijuk ini sudah dimulai dari zaman kelurahan ini masih desa, dan usaha ini pun merupakan usaha turun temurun. “Ini merupakan usaha peninggalan kakek saya. Alhamdulillah hingga saat ini masih berlanjut,” tambahnya. Hingga saat ini juga, respons pemerintah khususnya dari kelurahan cukup baik. “Inilah salah satu yang membuat kami bertahan,” pungkasnya.

Source http://jabar.pojoksatu.id http://jabar.pojoksatu.id/sukabumi/2016/01/20/usaha-rumahan-karangtengah-dipertajam-produk-unggulan-sapu-ijuk-tembus-luar-kota/
Comments
Loading...