Kerajinan Sapu Lidi Di Jember

0 247

Kerajinan Sapu Lidi Di Jember

Muhamad warga sekitar memanggilnya, dia lahir sekitar tahun 50 an, Dia tinggal bersama istri tercinta di sebuah gubuk tua yang sudah kurang layak ditempati, di Dusun Klonceng Utara, Desa Lembengan, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Bapak tua ini dikenal oleh warga sebagai sesosok peramah dan ringan tangan.

Untuk makan, satu hari cukup setengah kilo sekali masak, maklum saja, dia hanya tinggal bersama sang istri tercinta. Dari situlah sangat menjalani hidup pantang menyerah karena dia sadar harus betul-betulempersiapkan masa depan karena dia tak punya keturunan.

Profesi yang dia lakoni sebagai penjual sapu lidi keliling, sudah lebih 5 tahun. Tak banyak hasil yang dia peroleh, 1000 Rupiah saja per satu ikat, sekali jalan dia membawa 15 ikat. Itupun tak tentu, kadang bisa habis kadang juga tersisa.

Muhamad harus menempuh puluhan kilometer menawarkan barang dagangannya hanya demi ingin menyambung hidup dan mimpi yang harus dia raih, bahkan, dia harus berjalan kaki disepanjang jalan aspal menuju pasar Kalisat, Sukowono dan Sempolan. agar apa yang dia jajakan bisa laku.

Ditambah kondisi fisik berjalan kurang normal, akibat terjatuh, namun semangat dan kegigihannya untuk keluarga, mampu mengalahkan kekurangan fisik. Baginya tak ada alasan untuk tidak bisa bekerja.

Diceritakan Muhamad, kalau dirinya sudah terbiasa menempuh puluhan kilometer dengan perut kosong, seperti sebelum bulan Ramadhan, walaupun letih dan haus karena kepanasan tanpa alas kaki, dirinya mengaku masih tetap berpuasa, alasannya itu adalah wasiat orang tuanya.

Bahasa yang kurang begitu jelas, maklum saja dirinya mengaku tidak lulus SD,”Saya tak sempat sekolah karena dulu waktu kecil membantu orang tua, mencari nafkah,” tambahnya. Diakui Muhamad, sapu lidi yang dia jual hanya mencari hasil, karena dirinya tak punya pohon kelapa sendiri, ditambah dirinya jatuh dari pohon kelapa sehingga sampai saat ini dirinya mengaku trauma, karena sampai saat ini kondisi kaki kurang sempurna.

Source http://www.suarajatimpost.com http://www.suarajatimpost.com/read/1012/20160729/091608/muhamad-warga-jember--bertahan-hidup-dengan-menjual-sapu-lidi/
Comments
Loading...