Kerajinan Sapu Lidi Di Kota Batu

0 370

Kerajinan Sapu Lidi 

Bisnis sapu lidi dan penebah kasur produksi Dusun Ngemplak Desa Beji, Kecamatan Junrejo Kota Batu tidak pernah sepi. Usaha yang dirintis sejak 10 tahun lalu ini ternyata berprospek bagus. Bisnis ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena nyaris tidak ada surutnya.

Slamet Sutiono, perajin sapu di Desa Beji Kecamatan Junrejo menjelaskan, sejak merintis usahanya ini, respon pasar positif. Ia menilai bisnis membuat sapu lidi ini masih jarang dilakoni oleh perajin lain di Kota Batu. Sehingga ini salah satu peluang cukup besar untuk dikembangkan.

”Bisnis sapu ini cukup menguntungkan. Melihat pesaingnya di area Kota Batu hanya ada dua saja. Karena itu peluangnya besar kalau dipasarkan,” kata Slamet di rumah sekaligus tempat produksinya. Perharinya, lanjut Slamet, ia harus memproduksi sampai 150 biji untuk masing-masing jenis sapu. Belum lagi jika ada pesanan yang datang. Terkadang jumlah produksinya bisa melebihi hari biasa.

Hanya saja, ia merasa kesulitan tenaga kerja. Karena banyak pekerja yang meminta gaji sesuai dengan  upah minimun kota (UMK). Hal ini menyulitkan pemilik usaha untuk mengembangkan usahanya. Untuk saat ini, ia memasarkan di Malang Raya dan Surabaya. Bahkan kini merambah hingga Makassar.

Sementara itu, Nani Mustikasari, perajin lainnya menjelaskan bisnis ini salah satu yang bisa dikatakan stabil. Karena masih banyak konsumen yang melirik untuk kebutuhan kebersihan sehari-hari. ”Lumayan, karena pesaingannya tidak banyak kalau di Kota Batu. Jadi peluangnya lumayan,” terang Nani.

Source http://www.batutimes.com http://www.batutimes.com/baca/7472/20170113/100542/minim-pesaing-bisnis-sapu-lidi-menjanjikan/
Comments
Loading...