Kerajinan Sapu Lidi Di Pacitan

0 357

Kerajinan Sapu Lidi Di Pacitan

Di era modern kerajinan sapu lidi dipandang sebelah mata. Namun, siapa sangka bisnis produk kerajinan berbahan baku daun pohon kelapa ini bisa menghasilkan uang berlimpah. Satu persatu tumpukan daun kelapa itu dirautnya.  Dengan sangat telaten tangan,  tuanya memisahkan lidi dari daun kelapa yang sudah mengering.  Selesai diraut, lidi-lidi itu pun diikat menjadi sapu.
Bisnis sapu lidi yang ditekuni yuliatin, warga Kelurahan Baleharjo, Pacitan, begitu menjanjikan. Hanya dalam waktu satu bulan, ia berhasil meraih omzet hingga Rp.70 juta.  Padahal dalam bisnis ini, Yuliatin hanya mendistribusikan hasil kerajinan dari tingkat petani ke pasar.

Bersama dua orang pekerjanya, perempuan 36 tahun ini rajin turun ke pelosok desa guna mencari sapu lidi ke petani. Setelah terkumpul, bahan tersebut dipilah dan dirapikan sesuai permintaan pasar. Keuntungannya pun cukup menggiurkan, berkisar Rp 600 hingga Rp 800 per biji sapu lidi.

Pada awal memulai bisnis di tahun 2015, Yuliatni, sedikit kesulitan menemukan pembeli. Berkat kerja kerasnya, kini hasil kerajinan sapu lidi menjadi buruan banyak pedagang di berbagai kota besar. Seperti Semarang, Gresik dan Surabaya.  Dalam satu kali pengiriman ke luar kota, pengusaha muda ini harus menyiapkan sedikinya 4500 biji sapu lidi.

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=52036&&top=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=Sosok&&keyjdl=sapu
Comments
Loading...