Kerajinan Sapu Serabut Kelapa Di Mojokerto

0 359

Kerajinan Sapu Serabut Kelapa Di Mojokerto

Di tangan orang-orang yang terampil, sesuatu yang dianggap tidak berguna, ternyata dapat diubah menjadi uang. Demikian yang dilakukan pasangan suami istri, Nuriyadi dan Sulasmani yang mampu membuat serabut kelapa menjadi bernilai ekonomis.

Kedua tangan Sulasmani, tampak tekun menyulam helai demi helai serat kelapa yang ada di depannya. Kedua kaki yang diikatkan dengan helai serat membantunya membuat benang-benang serat agar tidak lemas. Kedua sorot matanya tampak serius memerhatikan serat kelapa. 

Setiap harinya, pasangan suami istri ini memang menggantungkan hidupnya membuat sapu dari serabut kelapa di bangunan berukuran 4×6 meter persegi yang terbuat dari bambu. Bangunan semi permanen di sebelah rumahnya, Dusun Kalipatih, Desa Kebon Agung, Kecamatan Puri ini memang sengaja di gunakan untuk workshop produk buatannya.

Sabut kelapa adalah berkah pasangan suami istri Nuriyadi dan Sulasmini. Mereka memanfaatkan sabut kelapa untuk membuat kerajinan berupa sapu lantai dan keset. ’’Saya mulai membuat sapu dan keset dari sabut kelapa ini sejak masih sekolah dasar,’’ ungkap Nuriyadi, bapak tiga anak ini.

Pelanggan setia yang tetap memakai produk kerajinan sapu dan keset ini berasal dari luar Mojokerto seperti dari Gresik, Lamongan, Sidoarjo bahkan Surabaya. Terkadang, dia juga melayani pembeli dari dinas pendidikan di luar kota. Tiap tahun ajaran baru, permintaan sapu dan keset bisa mencapai 20 buah.  Selain itu, tiap harinya paling tidak ada pelanggan membeli langsung ke rumah untuk membeli sapu maupun keset. Setiap hari sapu yang terjual sekitar 15 buah.

Harga sebuah sapu sabut kelapa buatannya tergolong murah. Hanya Rp 1.500 untuk ukuran panjang dan Rp 1.300 ukuran sedang. Untuk membuat kerajinan tersebut dari sebuah sabut kelapa hingga menjadi produk jadi membutuhkan waktu yang tak singkat. 

Source http://satriapena.blogspot.co.id http://satriapena.blogspot.co.id/2009/11/pasutri-perajin-sapu-serabut-kelapa.html
Comments
Loading...