Kerajinan Sarung Goyor Di Kediri

0 288

Kerajinan Sarung Goyor Di Kediri

Para pengrajin di sentra tenun ikat bandar kota Kediri saat ini telah disibukkan dengan pemenuhan pesanan sarung goyor khas kota Kediri untuk momen lebaran dan idul fitri. Seperti yang terlihat di galeri milik Eko Karyanto, AAM Putra ini.

Hingga saat ini saja ia sudah menerima pesanan lebih dari 160 potong sarung dari sejumlah toko di kota Kediri hingga Madura untuk Ramadhan nanti. Jumlah ini mengalami peningkatan dari hari biasanya yang mencapai 150 persen dan diprediksi akan terus mengalami penambahan. Kini ia ada 15 karyawannya terus meningkatkan jumlah produksi dengan penambahan jam kerja hingga pukul 8 malam. Dalam sehari galerinya mampu menghasilkan 15 potong sarung.

Eko memiliki 3 tipe untuk sarung goyor buatannya. Kelas C, ia banderol dengan harga 130 ribu rupiah. Untuk kelas B, ia membanderolnya diatas 200 ribu rupiah. Dan kelas A ia membanderolnya dengan harga 350 ribu rupiah. Kelas yang paling tinggi inilah yang paling diburu oleh sebagian besar masyarakat.

Sarung goyor memiliki perbedaan tekstur dengan sarung buatan pabrik pada umumnya. Bahannya yang lembut dan dingin saat dikenakan menjadi alasan masyarakat banyak menggunakan sarung yang identik dengan motif kembangan ini.

Sama halnya dengan kain tenun, sarung goyor pun dibuat dengan cara tradisional secara manual menggunakan alat tenun bukan mesin atau ATBM.

AAM Putra
Facebook: AAM Putra Tenun Ikat Kediri
Blogspot: AAM Putra Tenun Ikat
Alamat: Jalan KH. Agus Salim Gang VIII No.33B, Bandar Kidul, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 63118
Telepon: 0852-3522-3459
085-664-425-810

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/08/eko-karyanto-pemilik-galeri-sarung.html
Comments
Loading...