Kerajinan Sarung Tangan Di Desa Sukamulya

0 188

Kerajinan Sarung Tangan Di Desa Sukamulya

Rogayah,  penduduk  Kampung Rijal, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang,   sejak tahun 2009 lalu berusaha membuat sarung tangan. Kerajinannya itu kini berkembang pesat. Di bantu tiga orang tetangganya, dalam seminggu ia harus menyelesaikan  pesanan sebanyak  3.960 pasang sarung tangan (330 lusin) yang dipasarkan  ke pengumpul dari perusahaan di wilayah Tangerang.

Proses Pembuatan Sarung Tangan

Proses pembuatan sarung tangan dimulai dari memola tangan. Dalam memola sarung tangan,  sehari mencapai  ribuan  pasang dan dikerjakan  anaknya Musniati.  Kemudian, dilanjutkan dengan  pengguntingan bahan. Setelah proses pengguntingan bentuk-bentuk tangan, lalu dipasangkan dua  bentuk tangan dan menjahitnya dengan mengggunakan benang dan karet benang mesin jahit sederhana.  Tahap selanjutnya menggunting benang-benang sisa yang menempel, jelas Rogayah, di kediamanya.

Selanjutnya, tahap terakhir yakni proses pembalikan guntingan jahitan yang dilakukan oleh Sarnati.  Proses pembalikan jahitan ini  dengan menggunakan tangan dan kayu sepanjang 30 cm, agar sarung tangan rapih dan bisa di packing.

Satu lusin pasang hasil jahitan atau 24 buah Jahitan tangan dibayar seharga Rp. 3 ribu,  dikarenakan bahan, benang, dan karet disediakan pengumpul. Dalam seminggu Rogayah dan teman-temannya; Karsinah, Edah, dan Tiah, menerima  upah  sebesar  Rp. 150 ribu –  Rp. 300 ribu.

Pemasaran dan penjualan sarung tangan, diserahan kepada  pengumpul, Yanto, penduduk  Kampung Cengkok, Desa Balaraja, Kabupaten Tangerang, yang selanjutnya dikirim ke perusahaan atau pembeli di wilayah Tangerang.

Source https://koperasi.tangerangkab.go.id https://koperasi.tangerangkab.go.id/rogayah-pengrajin-sarung-tangan-dari-sukamulya/?mode=list
Comments
Loading...