Kerajinan Scrapbook Karya Mahasiswa Unibra

0 131

Kerajinan Scrapbook Karya Mahasiswa Unibra

Saat merintis bisnis scrapbook, 2015 lalu, Levia Indaka hanya mengeluarkan modal awal Rp 50 ribu. Tapi, kini mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) itu biasa meraup Rp 100 jutaan per bulan. Pemasarannya pun meluas hingga ke Malaysia, Jepang, dan Turki.

Levia Indaka membawa beberapa kotak berukuran sekitar 21×29 sentimeter. Sejurus kemudian, dia membuka satu per satu kotak yang dibawa.

Begitu dibuka, empat sisi kotak persegi itu ”jatuh” bersamaan. Di tengah-tengahnya muncul miniatur kue tar dan pot tanaman. Semua terbuat dari bahan kertas. ”Ini namanya scrapbook atau album tiga dimensi,” ujar dia.

Di kalangan anak muda, scrapbook menjadi salah satu barang favorit. Scrapbook bisa menjadi kado ulang tahun, kado pernikahan yang unik. Scrapbook bisa diisi dengan foto, manik-manik, maupun aksesori lainnya.

Scrapbook buatan Levia punya desain yang lebih rumit daripada produk sejenis di pasaran. Kalau diperhatikan, scrapbook buatannya mirip permainan puzzle dan ular tangga. Karya Levia ini jadi trending topic para crafter (sebutan bagi perajin karya seni kertas) di beberapa negara.

Dari bisnis kertas dan karton ini, Levia bisa meraup untung lebih dari Rp 100 juta per bulan, bahkan reseller-nya 60 anggota aktif. ”Sebenarnya jumlahnya lebih dari itu, tapi yang aktif order per bulan 60 anggota, plus reseller luar negeri dari 8 negara,” ujarnya. Para reseller asing ini berasal dari Singapura, Brunei, Malaysia, Tiongkok, Jepang, Korsel, Turki, dan Maroko. ”Wah, dari karya seni kaya gini bisa ’menjajah’ negara asing,” candanya.

Apalagi, Levia juga membuat web dan media sosial yang mudah diakses para pembeli. ”Di dalam web dan medsos, ada video pembuatan dan video produk sehingga memudahkan pembeli kalau bingung dengan karya saya,” tambahnya.

Source https://radarmalang.id/levia-indaka-mahasiswi-yang-juga-sukses-berbisnis-scrapbook/ https://radarmalang.id/levia-indaka-mahasiswi-yang-juga-sukses-berbisnis-scrapbook/
Comments
Loading...