Kerajinan Scrapeframe 3D Di Yogyakarta

0 262

Kerajinan Scrapeframe 3D Di Yogyakarta

Sekarang ini usaha kerajinan tangan makin beragam dan kreatif. Salah satunya bisnis kerajinan tangan yang booming saat ini yaitu scrapframe 3D yang banyak dijadikan sebagai hadiah atau kado spesial. Sebuah produk pigura yang berisi foto dua dimensi dan foto 3 dimensi dengan dihiasi berbagai aksesoris atau pernak pernik supaya tampil cantik dan menarik. Adapun tema dalam pigura bisa ditentukan oleh konsumen.

Okta Ricado merupakan salah seorang pengusaha scrapframe tiga dimensi di tanah air. Pria yang memiliki toko online scrapframe 3D bernama oriscrap.com ini memulai usahanya pada bulan Juni 2012. Pesanan kerajinan tangan ini banyak yang datang pada saat momen-momen tertentu seperti kelulusan, valentine, ulangtahun, dan pernikahan.

Adapun harga jual scrapframe yang dipatok pria yang akrab dipanggil Okta sebesar Rp. 110.000 per buah termasuk bingkai foto. Pria yang berasal dari daerah Yogyakarta ini menuturkan kebanyakan konsumennya berasal dari daerah Jawa. Scrapframe dibuat dengan tangan sendiri, dimulai dari mendesain gambar dengan tema tertentu menggunakan aplikasi komputer. Dari usaha gift scrapframe, Okta mampu memperoleh penghasilan per bulan sebesar Rp.12.000.000 – Rp.14.000.000.

Pengusaha sukses di bidang kerajinan tangan scrapframe lainnya, wanita bernama lengkap Agnes Delvis Ayunda atau akrab dipanggil Agnes. Ia memulai usaha scrapframe dari bulan Februari 2014. Ia menjual produk-produknya di Akun Instagram dengan berbagai macam ukuran. Ia mengakui kerajinan scrapframenya banyak peminat sehingga laris manis. Produknya digunakan konsumen untuk dijadikan hadiah atau kado pada momen-momen tertentu.

Menurut Agenes, jika ada pelanggan yang beli di dunia maya maka pelanggan diharuskan menentukan tema dan ukuran scrapframe yang dikehendaki. Kemudian pelanggan memberikan ucapan dan foto yang mau dipajang di scrapframe. Setelah itu, Agnes akan memberikan desain dari gambar srapframe untuk meminta persetujuan pelanggan sebelum pembuatan dimulai.

Agnes menjual satu unit scrapframe sebesar Rp. 90.000 – Rp.300.000. Pemesannya kebanyakan berasal dari daerah Jabodetabek, sisanya ada yang dari Sulawesi Selatan, Aceh, Nusa Tenggara dan Kalimantan. Setiap bulan Agnes mampu mendapatkan orderan scrapframe dari internet sekitar 30 sampai 50 pesanan. Adapun penghasilan perbulannya, Agnes mengakui hanya dari penjualan scrapframe ia mampu meraih sebesar Rp. 4 juta.

Selain menggunakan toko online, untuk melipatgandakan penjualan scrapframe, Agnes dan Okta aktif menggunakan berbagai jaringan media sosial internet seperti Twitter, Instagram dan Facebook serta situs jual beli online yang gratisan.

Source http://usahakecil2015.blogspot.co.id http://usahakecil2015.blogspot.co.id/2015/02/manisnya-peluang-usaha-pigura-tiga.html
Comments
Loading...