Kerajinan Seni Hias Oshibana Di Jakarta

0 321

Kerajinan Seni Hias Oshibana Di Jakarta

Oshibana merupakan seni hias asal Jepang dengan bahan daun kering yang ditekan atau ditempel setelah dikeringkan. “Seni ini berasal dari Jepang dengan menggunakan bahan dari alam,” kata Mutia, instruktur oshibana di Jakarta.


Ia mengatakan seni budaya Jepang mulai banyak digemari masyarakat Indonesia semenjak banyaknya tayangan film Negeri Samurai di media lokal. “Seni ini banyak digemari, melalui Japan Foundation kami memperkenalkan budaya Jepang ke Indonesia,” katanya. Oshibana pada dasarnya seni menghias dengan bunga kering tetapi tetap mempertahankan warna aslinya, jika diaplikasikan pada barang yang fungsional hasilnya akan lebih maksimal.

“Seni ini akan lebih indah jika ditempelkan pada keramik, vas bunga, guci atau bahkan menjadi lukisan sendiri,” tuturnya. Esensi dari kerajinan ini orang akan lebih teliti dan ulet, dapat mengubah sikap pengrajin menjadi lebih bijak secara filosofis. “Melalui oshibana orang akan lebih disiplin dan menghargai alam,” kata Mutia.

Source https://www.antaranews.com https://www.antaranews.com/berita/453830/melatih-ulet-dan-teliti-dengan-seni-hias-oshibana
Comments
Loading...