Kerajinan Seni Pahat Di Depok

0 241

Kerajinan Seni Pahat Kayu

Lewat Sanggar Primitif yang didirikannya, Oman perajin pahat memilih kayu sebagai medianya, dan primitif sebagai ciri khas karya pahatnya.

Di teras depan rumah Oman, beberapa kayu, alat-alat pahat, dan beberapa patung belum jadi, menjelaskan kesibukan yang terjadi tiap hari di sanggar itu. Betapa tidak, Oman mengerjakan semuanya sendiri. “Sudah sejak 1996 saya menekuni dunia pahat. Dulu, ada 16 orang yang ikut belajar memahat saat tinggal di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tapi, saat pindah ke Sawangan, Depok pada 1998, mereka tak mau ikut. Jadilah saya sendiri yang meneruskan usaha,” Ujar Oman.

Sanggar itu berlokasi di Jl Raya Muchtar, Gg Gandaria Rt 04/02 No 75, Sawangan Lama, Depok. Sebagai petunjuk bagi tamunya, Oman menempelkan tulisan “Seni Pahat Sanggar Primitif Oman Sumarna” di depan pintu.

Di antara karya pahat Oman adalah patung dan lampu yang berasal dari ukiran kayu. Oman memahat dengan menggunakan alat pahat tradisonal dan memilih patung-patung bentuk primitif sebagai karyanya. Awal mula merintis usaha ini, Oman mengaku tak mematok harga yang pasti. Dia hanya menghitung dari jenis ukiran, tingkat kesulitan, dan ukurannya saja. Kisaran harga barang mulai Rp25.000 sampai Rp100 juta, tergantung motif dan besarnya barang. Misalnya patung penyu yang asli dari Kalimantan, maka tak sembarang orang bisa membelinya.

Source Kerajinan Seni Pahat Di Depok Kerajinan Seni Pahat Di Depok
Comments
Loading...