Kerajinan Seni Quilting Di Jakarta

0 380

Kerajinan Seni Quilting Di Jakarta

Quilting adalah seni menggabungkan kain perca dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif-motif yang unik. Potongan-potongan kain tersebut lalu ditindas dengan jahitan model jelujur yang ukurannya harus sama jika dilihat dari sisi atas maupun bawah kain. Karena harus dikerjakan dengan tangan, boleh dibilang setiap orang akan membuat hasil yang berbeda dari orang lain.  Anda pasti pernah melihat hasil seni quilt ini dalam bentuk bed cover, atau taplak meja. Di Indonesia, hasil kerajinan quilt memang dapat kita temukan di beberapa tempat, antara lain di Jakarta

Nisa Hariadi, pemilik bisnis Nisa’s Quilt, membuka kursus quilt untuk publik. Kursus ini dibukanya sejak tahun 2008, melihat meningkatnya minat orang-orang terhadap keterampilan yang berasal dari Amerika ini (baca “Nisa’s Quilt, Membayar Keahlian Pembuatnya” di rubrik Info Wirausaha). Kursus quilt dibagi menjadi tiga tingkat: Basic, Intermediate, dan Advance.  Biaya kursus untuk kelas Basic adalah Rp 1.700.000 (tujuh kali pertemuan), kelas Intermediate Rp 1.900.000 (delapan kali pertemuan), sedangkan untuk kelas Advance biayanya tergantung pattern yang dipilih, karena di tingkat ini peserta bisa memilih pattern yang ingin dipelajarinya.

Patokan biaya untuk masing-masing pattern adalah Rp 500.000 – Rp 700.000 untuk 3 kali pertemuan. Biaya sebesar itu sudah termasuk peralatan yang harus Anda gunakan. Untuk mengerjakan kerajinan ini, Anda memang membutuhkan peralatan khusus untuk quilting. Nah, karena beberapa dari peralatan tersebut belum tersedia di Indonesia, Nisa lah yang mengusahakan pengadaan peralatan tersebut. Anda akan mendapatkan: * 16 potong kain katun dengan 16 warna dan motif yang berbeda-beda. * Pisau pemotong (rotary cutter), penggaris panjang, penggaris blok (segiempat) berbagai ukuran, alas dengan ukuran (rotary mat).

Ukuran yang digunakan adalah inci, karena mengikuti pola pembuatan yang berasal dari Amerika. * Satu boks sewing kit. * Bisban, press bars, backing fabric. * Gunting aplikasi. * Template basic dan template motif. * Pembidangan atau hoop (seperti yang digunakan untuk menyulam). * Buku-buku teknik quilting dasar dan fabric pen (spidol untuk kain) 4 warna (tidak termasuk paket, namun sebaiknya dimiliki). Kursus berlangsung seminggu sekali untuk setiap kelas (setiap hari ada kelas), selama dua jam. Karyawan kantoran yang tidak dapat mengikuti kursus pada hari kerja, biasanya memilih hari Sabtu atau Minggu.

Source https://nasional.kompas.com https://nasional.kompas.com/read/2009/11/27/14442674/quilting.seni.menggabungkan.kain.perca
Comments
Loading...