Kerajinan Seni Sulam Kain Kerawang Gayo Di Aceh

0 439

Kerajinan Seni Sulam Kain Kerawang Gayo Di Aceh

Penerima Anugerah Kebudayaan Kategori Maestro Seni Tradisi tahun 2016. Berbekal pengalaman belajar menyulam kain kerawang Gayo selama satu minggu, Nurlaila yang oleh masyarakat sekitarnya lebih dikenal dengan panggilan Nek Amin, mulai mengukir sejarah hidup baru. Ia mahir menyulam, meski ilmu itu didapatkannya dalam waktu sangat singkat. Berkat kerja keras dan kesungguhannya yang tak bertepi, Nurlaila menguasai kemampuan menyulam Kain Kerawang Gayo di atas rata-rata yang lainnya.

Berkunjung ke rumahnya di Takengon, Aceh, Suguhan pemandangan alam yang sangat indah langsung menyergap mata. Rumah kediaman Nurlaila alias Nek Amin persis berada di atas perbukitan, dan di halaman depan terhampar pohon-pohon kopi yang buahnya mulai memerah.

Dengan penuh suka cita, Nurlaila mulai bercerita bahwa sejak usianya semakin lanjut kegiatan menyulam kain kerawang pun sudah tidak lagi aktif sebagaimana dulu ketika masih muda. Saat ini aktivitasnya sehari-hari lebih banyak ia curahkan dengan mengajar ngaji bagi anak-anak SD. Akan tetapi begitu ada anak-anak muda datang untuk belajar menyulam kepadanya, Nurlaila selalu menerima mereka dengan tangan terbuka.

Berkat ketekunan dan kerja keras, Nurlaila pada akhirnya mampu menghasilkan kain kerawang yang dapat dijual ke Toko Bintang Timur di Takengon. Produk-produk yang dihasilkan oleh tangan kreatifnya bermacam-macam: mulai dari sajadah yang digunakan untuk shalat, atau kain yang dipakai untuk upacara pernikahan dan upacara adat lainnya. Sejak saat itu, banyak yang mulai memesan kain kerawang sulaman Nurlaila. Semakin banyak yang memesan, ia pun semakin giat berkerawang. Banyak di antara mereka yang mengetahui produk Nurlaila dari mulut ke mulut melalui konsumen yang terus berdatangan ke rumahnya. Semua karya yang dihadirkan merupakan kreasi tangan langsung.

Source Kerajinan Seni Sulam Kain Kerawang Gayo Di Aceh Kerajinan Seni Sulam Kain Kerawang Gayo Di Aceh
Comments
Loading...