Kerajinan Seni Ukir Cantik Di Bandung

0 127

Kerajinan Seni Ukir Cantik Di Bandung

Biasanya jika melihat pohon tumbang atau potongan limbah kayu, kita menganggap itu bukan barang berharga.

Namun bagi pria asal DagoKota BandungAyi Supriatna (32) itu adalah peluang untuk dibentuk menjadi kerajinan tangan berupa seni ukir yang menarik.

“Kalau sekarang mulai langka yang membuat seperti ini di Bandung. Bahannya hanya kayu dari tempat jual kayu-kayu bekas,” ujar Ayi, di Jalan Ganesha Nomor 7, tepat di depan Masjid Salman ITB, Kota Bandung.

Ayi mengatakan, pertama kali tertarik pada seni buatan tangan dari limbah kayu seperti bekas palet, peti kemas, dan lainnya, saat ia masih bekerja di sebuah mebel kayu. Ayi pun memutuskan untuk mencoba dan membuatnya sendiri, dan sejak saat itu lah minatnya berubah menjadi pekerjaan penuh waktu.

“Saat itu belajar pas 2008, awalnya masih kerja di mebel. Terus saya sering melihat pameran di Gasibu. Kemudian tertarik coba-coba membuat seperti ini. Akhirnya tertarik dan senang sehingga saya tekuni sampai kini,” ujar Ayi.

Ayi menuturkan hasil karya tangannya, berbentuk nama, pigura, kotak pensil, gantungan kunci kayu hingga aksesoris lainnya. Barangnya itu hanya dibanderol Rp 5 ribu-Rp100 ribu-an. Bahkan hasil karyanya itu telah dipesan oleh berbagai kalangan.

“Buatnya secara manual, dari gergaji ukir sehingga membentuk yang diinginkan. Bisa juga tergantung yang memesan,” kata Ayi.

Ayi mengatakan selain tokoh publik terkenal, sejumlah lembaga di Kota Bandung dan sekitarnya juga pernah memesan kerajinan tangannya itu.

“Mantan wali kota Pak Dada Rosada pernah memesan pada saya. Ariel Noah juga pernah. Artis lainnya juga ada tapi lupa namanya. Orang luar dari Malaysia, Belanda pernah pesan. Selain itu, kampus biasanya sering pesan logo kayak ITB, Unpad, UPI, mal, pusat perbelanjaan, Kantor Polisi, dan perkantoran lainnya seperti pesan tulisan untuk nama jabatan,” kata Ayi.

Ia berharap, seni ukir buatan tangan seperti yang dilakoninya dapat dihargai lebih tinggi lagi ke depannya. Sehingga tidak menilai hanya sebatas kayu biasa. Menurutnya, kerajinan tersebut bukan sekadar menjual limbah kayu tetapi juga menjual keahlian.

Source http://jabar.tribunnews.com http://jabar.tribunnews.com/2018/08/26/di-tangan-ayi-limbah-kayu-jadi-barang-seni-yang-cantik-ariel-noah-pun-pernah-pesan
Comments
Loading...