Kerajinan Senjata Angin Khas Sumedang

0 224

Sentra Kerajinan Senjata Angin

Cipacing, Sumedang sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan senjata angin. Pamornya tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah cukup terkenal di seantero Indonesia. Bagi para penikmat hobi menembak, atau sekedar berburu, menjaga lahannya dari hama, Cipacing merupakan tempat yang tepat mencari senjata angin untuk keperluan tersebut.

Beberapa tahun belakangan ini, industry ini kembali menggeliat, salah satu perajinnya yaitu Basirun, pembeli mulai kembali ramai berdatangan melakukan transaksi. Kebanyakan pembeli ini berasal dari Sumatera, Kalimantan, Papua, Jakarta, dan sebagainya.

Jenis senjata angin Cipacing yang paling laris adalah tipe pompa karena harganya yang relative murah dan terjangkau. Senapan tipe pompa ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan pelepasan anginnya. Yaitu tipe knock open valve dan dumping system. Untuk tipe pompa ini, harganya dibanderol kisaran Rp 2.000.000,00.

Tipe lainnya yaitu tipe pegas/per. Tipe pegas/per ini memiliki tiga jenis berdasarkan cara kerja penekanan pada pegas hingga senapan dalam keadaan terkokang dan siap tembak yaitu under lever, side lever, dan senapan patah laras. Tipe ini harganya kisaran Rp 1.000.000,-

Tipe termahal yaitu tipe PCP (Pre-Charged Pneumatic). Senjata angin ini menggunakan energy yang bersumber dari udara yang sudah dimampatkan terlebih dahulu ke dalam tabung yang terintegrasi dengan senjata. Walaupun paling mahal, namun tipe ini lebih mudah pengoperasiannya dibandingkan dua tipe sebelumnya. Untuk tipe ini, biasanya berasda di kisaran Rp 2.000.000,00 sampai Rp 6.000.000,00.

Source Kerajinan Senjata Angin Khas Sumedang Kerajinan Senjata Angin Khas Sumedang
Comments
Loading...