Kerajinan Senjata Cosplay Di Yogyakarta

0 225

Kerajinan Senjata Cosplay Di Yogyakarta

Komunitas cosplay di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Hampir di setiap daerah, komunitas itu selalu hadir. Tentu saja, ini membuka peluang bisnis senjata untuk cosplayer. Omzet bisnis tersebut bisa mencapai Rp 10 juta per bulan. Permintaan akan melonjak menjelang festival cosplay.

Tak hanya pembuat kostum animasi Jepang yang kebanjiran rejeki, seiring menjamurnya komunitas costume play alias cosplay. Tapi pembuat senjata cosplay juga kecipratan berkahnya.

Fajar Adi Permana, misalnya. Lelaki 21 tahun yang baru membuka usaha pembuatan senjata cosplay di Yogyakarta ini merasakan imbas tren cosplay. Dengan dibantu seorang karyawan yang langsung didatangkan dari Jepara, Jawa Tengah, ia bisa menghasilkan sekitar 10 senjata setiap bulan.

Alasan utama Fajar menggeluti bisnis ini karena belum banyak pesaing. “Sudah banyak pihak yang menawarkan jasa pembuatan kostum, namun khusus pembuatan senjata masih sedikit,” tutur Fajar yang juga penggemar cosplay.

Hampir 99% bahan baku senjata cosplay buatan Fajar adalah kayu kecapi. Selain mudah dibentuk, bobot kayu jenis ini sangat ringan. Adapun Ibrahim menggunakan bahan kuningan dan stainless steel untuk pembuatan senjata. “Yang stainless, harganya Rp 200.000 lebih mahal” ujarnya.

Produk yang dibuat oleh Fajar bervariasi, mulai dari bentuk shuriken atau bintang ninja sampai pada pedang. Harga yang ditawarkannya pun beragam, tergantung dengan besar kecilnya senjata serta tingkat kerumitan disain dan warna.

Fajar menuturkan, harga senjata shuriken Rp 30.000. Namun, untuk senjata yang memiliki tingkat kerumitan disain seperti pedang Warcraft dibanderol dengan harga Rp 2 juta. Selain senjata tokoh-tokoh anime yang sedang booming saat ini semisal Naruto, pesanan senjata tokoh anime lainnya juga banyak. “Saya bahkan sampai kurang paham dengan tokoh yang maksud,” kata Fajar.

Source Kerajinan Senjata Cosplay Di Yogyakarta Kerajinan Senjata Cosplay Di Yogyakarta
Comments
Loading...