Kerajinan Sepatu Jeans Di Bandung

0 326

Kerajinan Sepatu Jeans Di Bandung

Kain moderen seperti jeans, selama ini dikenal sebagai bahan pakaian. Kalau sudah usang biasanya buru-buru dibuang. Ternyata di tangan seorang pengrajin asal Bandung, kain jeans tersebut bisa disulap menjadi sepatu Boots yang kuat dan bernilai ekonomi tinggi.

Ragam sepatu-sepatu ini begitu menarik, plus warnanya yang mempesona. Dijamin dapat menambah kepercayaan diri bagi para pemakainya. Bisnis inilah yang sedang digeluti oleh Pak Aldi Valchon sejak tahun 2008 lalu. Sebelumnya, ia sempat belajar pada pembuat boot terkenal di daerahnya, namanya Tegep Boot. Lantas tahun 2010 beliau mencoba untuk mengkreasikan ankle boots sendiri dengan jenis moccasin di daerah Mekarwangi, Kota Bandung.

Awal produksi hanya 30 pasang dengan merek Purple Edition. Belum diberikan warna, menggunakan sol berwarna ungu, serta dana yang terbatas. Hingga kemudian, kisah cinta Aldi dan pacarnya, Kikko Ganenda mulai bersemi di tahun 2012. “Nama itu muncul begitu saja saat kami bercanda sambil mencari nama untuk brand,” ujar mereka.


Nama FlameOn Footmate berasal dari celetukan jahil kedua owner, Ali dan Kikko. Mulanya mbak Kikko inginmenggunakan nama ilmiah seekor burung laut sebagai merek, Flamingo. Namun, karena menurut Aldi terlalu feminim, ia sambil bercanda menambahkan “Meong.” Adapun footmate sendiri berarti sepatu yang nyaman dan ramah lingkungan.

Kebetulan juga ke dua sejoli sering hilir mudik di daerah Tegal Lega. Disitu memang dapat dengan mudah ditemukan limbah-limbah jeans, celana jeans, dan jeans bekas. Karena memanfaatkan limbah jeans yang materialnya tergolong terjangkau. Alhasil, FlameOn Footmate dengan mudah mengalami peningkatan penjualan yang signifikan sejak peluncuran awal pada April 2012 dalam acara pameran Trademark II di Bandung.

Menjalankan bisnis sepatu bersama sang istri, Mr Aldi menambahkan bahwa latar belakang pendidikan keduanya dalam bidang desain di ITB (Institut Teknologi Bandung) ikut memberikan andil. Jadi, setiap produk yang dihasilkan tidak bersifat massal, namun eksklusif. Terlebih karena proses pengerjaannya yang menggunakan tangan atau handmade.

Source http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id/2017/03/aldi-valchon-penggagas-sepatu-kelas.html
Comments
Loading...